Benarkah Makan Daging Merah Bikin Otak Cepat Tua? Ini Kata Studi Terbaru

Riki Chandra

Jum'at, 17 Januari 2025 | 06:15 WIB
Benarkah Makan Daging Merah Bikin Otak Cepat Tua? Ini Kata Studi Terbaru
Ilustrasi daging merah (Unsplash/ricki tom chen)

Suara.com - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengurangi konsumsi daging merah dapat berdampak positif pada kesehatan otak. Fakta ini diungkapkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology.

Berlebihan mengonsumsi daging merah, baik yang olahan maupun tidak, dapat mempercepat penuaan otak dan menurunkan fungsi kognitif.

Studi ini melibatkan lebih dari 133.000 orang yang dipantau selama lebih dari empat dekade. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi daging merah olahan dalam jumlah lebih banyak (0,25 porsi atau lebih per hari) memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan fungsi otak sebesar 13 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya kurang dari 0,10 porsi per hari.

Para peneliti menemukan bahwa setiap porsi tambahan daging merah olahan per hari dapat mengurangi fungsi otak secara keseluruhan selama lebih dari satu setengah tahun dan mengurangi kemampuan memori verbal selama hampir dua tahun.

Bahkan, konsumsi lebih banyak daging merah yang tidak diolah juga dapat memperburuk kesehatan otak.

Mereka yang mengonsumsi satu porsi atau lebih per hari mengalami peningkatan risiko 16 persen lebih tinggi untuk mengalami penurunan kognitif subyektif.

Kabar baiknya, mengganti konsumsi daging merah olahan dengan alternatif yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan atau ikan, dapat mengurangi risiko penurunan kognitif.

Dr. Dong Wang, penulis utama studi ini dari Brigham and Women's Hospital di Boston, menyarankan untuk mengganti daging merah dengan sumber protein nabati atau unggas untuk meningkatkan kesehatan kognitif dan mengurangi risiko demensia. (antara)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Bisakah Ganti Steak Sapi dengan Salmon Bantu Kurangi Emisi?

Bisakah Ganti Steak Sapi dengan Salmon Bantu Kurangi Emisi?

Lifestyle | Senin, 15 Juni 2026 | 13:36 WIB

Takut Kolesterol Naik Usai Makan Daging Kurban? Atasi dengan 7 Cara Ini

Takut Kolesterol Naik Usai Makan Daging Kurban? Atasi dengan 7 Cara Ini

Lifestyle | Sabtu, 07 Juni 2025 | 13:02 WIB

Riset: Kampanye Anti Daging Merah Tak Efektif Populerkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Riset: Kampanye Anti Daging Merah Tak Efektif Populerkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Lifestyle | Rabu, 21 Mei 2025 | 11:31 WIB

3 Opsi Makanan Penetral untuk Kamu yang Terlalu Banyak Konsumsi Daging

3 Opsi Makanan Penetral untuk Kamu yang Terlalu Banyak Konsumsi Daging

Your Say | Rabu, 19 Juni 2024 | 18:54 WIB

Pakar Ungkap Batas Aman Makan Daging Merah Agar Terhindar dari Hipertensi, Jangan Kalap!

Pakar Ungkap Batas Aman Makan Daging Merah Agar Terhindar dari Hipertensi, Jangan Kalap!

Health | Selasa, 18 Juni 2024 | 11:45 WIB

4 Cara Aman Olah Daging Merah untuk Menu Lebaran, Agar Tak Picu Penyakit

4 Cara Aman Olah Daging Merah untuk Menu Lebaran, Agar Tak Picu Penyakit

Health | Senin, 08 April 2024 | 14:30 WIB

4 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Kencing Manis, Ada Daging Merah!

4 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Kencing Manis, Ada Daging Merah!

Your Say | Senin, 04 Maret 2024 | 14:10 WIB

Selain Daging, 3 Makanan Ini Juga Baik untuk Penderita Darah Rendah

Selain Daging, 3 Makanan Ini Juga Baik untuk Penderita Darah Rendah

Your Say | Jum'at, 16 Februari 2024 | 16:29 WIB

5 Jenis Makanan yang Mesti Dibatasi agar Asam Urat Tidak Semakin Parah

5 Jenis Makanan yang Mesti Dibatasi agar Asam Urat Tidak Semakin Parah

Your Say | Rabu, 03 Mei 2023 | 10:58 WIB

3 Manfaat Daging Merah sebagai Sumber Zat Besi hingga Kaya Vitamin

3 Manfaat Daging Merah sebagai Sumber Zat Besi hingga Kaya Vitamin

Your Say | Selasa, 20 Desember 2022 | 20:38 WIB

Terkini

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

Jakarta | Senin, 17 Agustus 2026 | 04:50 WIB

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:52 WIB

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:16 WIB

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:52 WIB

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:40 WIB

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Entertainment | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:02 WIB

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:46 WIB

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

Kaltim | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:45 WIB

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

×