Asep "Cepot" Sunarya Seorang Inovator

Siswanto
Asep "Cepot" Sunarya Seorang Inovator
Asep Sunandar Sunarya mementaskan Wayang Golek di Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat, Bandung, Jumat (27/12) lalu. [Antara/Asip/Agus Bebeng]

Asep dinilai sudah mendedikasikan hidupnya kepada dunia pewayangan dan berhasil.

Suara.com - Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menilai dalang Asep Sunandar Sunarya sebagai inovator wayang Indonesia.

"Asep seorang inovator budaya Indonesia dengan memunculkan tokoh unik Cepot dan ini menyontohkan budaya unggul pada masyarakat Indonesia. Kita kehilangan atas meninggalnya beliau," kata Dino di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/4/2014).

Dia mengatakan Asep telah mendedikasikan hidupnya kepada dunia pewayangan dan berhasil menginspirasi jutaan rakyat Indonesia. Selain itu, menurut dia, Asep juga melestarikan budaya wayang di tengah arus globalisasi yang begitu dashyat.

"Asep berandil besar mengenalkan wayang golek sebagai salah satu budaya bangsa ke seluruh dunia," ujarnya.

Dino menilai Asep bersama Cepot dan wayang golek menjadi pejuang budaya yang mengenalkan Indonesia ke dunia internasional.

Menurut dia, aksi mendalang Asep dengan tokoh cepotnya akan terus abadi dalam khazanah budaya Indonesia, bahkan dunia.

"Kita harus memberikan penghargaan yang tinggi terhadap para pejuang budaya yang telah mengenalkan dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," katanya.

Dino menyontohkan, semasa hidupnya, Asep sering manggung di berbagai negara di Belanda, Jerman, Perancis, Belgia, dan Turki.

Selain itu, menurut dia, Si Cepot juga beraksi di Amerika dan beberapa negara Asia, dan di kawasan Asia Tenggara.

"Saya berharap di masa depan lahir sosok Asep Sunarya baru yang bisa meneruskan perjuangannya," kata Dino.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS