Ahok Serius Tanggapi Pengeroyok Andrew di Transjakarta: Pengecut!

Siswanto | Agung Sandy Lesmana
Ahok Serius Tanggapi Pengeroyok Andrew di Transjakarta: Pengecut!
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), saat di Balai Kota DKI, Selasa (1/3/2016). [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Ahok menilai aksi tersebut hanya dilakukan oleh orang pengecut.

Suara.com - Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan merespon secara serius kasus pengeroyokan terhadap penumpang bus Transjakarta bernama Andrew Budikusuma. Ahok akan meminta keterangan pengelola bus Transkakarta mengenai kasus tersebut karena bernuansa rasis.

"Itu juga lagi kita teliti. Kan dia (petugas busway) juga ada tingkat ketakutan juga. Kalau sudah sampai tiga, empat orang, kamu kira gampang satu lawan dua, satu lawan tiga. Itu kan cuma di film. Kalau berantem satu lawan tiga susah gitu lho," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016).

Kasus ini mengemuka setelah Andrew mengunggah pengeroyokan tersebut ke Facebook-nya. Dia dikeroyok orang tak dikenal pada Jumat (26/8/2016) malam. Sebelum menganiaya, Andrew diteriaki: "Lu Ahok, kan."

Ahok menilai aksi tersebut hanya dilakukan oleh orang pengecut.

Ahok mengatakan kalau aksi serupa terulang lagi, polisi pasti akan bertindak tegas.

"Orang kayak gitu juga biasanya nggak berani terusin. Kalau diterusin mesti kita tangkap, pengecut aja itu orang, biasa orang pengecut," kata Ahok.

Pengeroyokan terhadap Andrew terjadi di daerah Senayan. Ketika itu, dia naik bus Transjakarta dari Kuningan menuju ke Semanggi.

"Saya baru saja mengalami musibah yang sial sekali. Saya baru saja dikeroyok oleh sekelompok orang sekitar 3-4 orang yang sebagian memakai baju batik dari halte Semanggi dan diprovok dengan hujatan 'ahok ahok, lu ahok ya'," kata Andrew di laman Facebook-nya.

"Dan saya dipukul juga di halte JCC. Petugas di dalam Bus takut atau ada unsur kerjasama. Sehingga saya disuruh turun juga di JCC. Untungnya saya ditarik lagi sama penumpang ke dalam bus," Andrew menambahkan.

Akibat penganiayaan, Andrew mengalami luka lebam di bagian wajah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS