Libur Idul Adha, Penumpang Bandara Soeta akan Naik 12 Persen

Adhitya Himawan
Libur Idul Adha, Penumpang Bandara Soeta akan Naik 12 Persen
Suasana di terminal 3 baru bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8) dini hari. [Antara]

Diperkirakan lonjakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan terjadi dari hari Jumat (9/9/2016) hingga hari Senin (12/9/2016) mendatang.

Mulai hari Jumat (9/9/2016), Lonjakan penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan akan terjadi bersamaan dengan adanya libur panjang (long weekend) Hari Raya Idul Adha 1437 H dengan kenaikan sekitar 10 - 12 persen.

“Total pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini diperkirakan akan mencapai 138.989 penumpang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 947 pesawat,” ujar Plt President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Djoko Murjatmodjo didampingi Public Relations Manager PT Angkasa Pura II (Persero), Haerul Anwar dalam keterangan resmi, Jumat (9/9/2016). 

Diperkirakan lonjakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan terjadi dari hari Jumat (9/9/2016) hingga hari Senin (12/9/2016) mendatang. “Kami memperkirakan arus balik akan terjadi pada hari Senin sore hingga malam hari. Namun pada hari Senin, pergerakan penumpang sudah menurun hingga menjadi 111.302 penumpang dibandingkan hari Jumat (9/9/2016),” tambah Djoko. 

Sementara pada hari Sabtu (10/9/2016) dan hari Minggu (11/9/2016), pergerakan penumpang diperkirakan masih tinggi, masing-masing 131.619 penumpang dan 116.959 penumpang.

Relatif tingginya pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menunjukkan masih bergairahnya roda perekonomian di Indonesia. Salah satunya ditunjukkan oleh maskapai Sriwijaya Air yang telah mengajukan permohonan “extra flight” untuk tujuan daerah wisata Bali dan Tanjung Karang yang masing-masing sebanyak 2 (dua) “extra flight”.

Djoko Murjatmodjo mengatakan, PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai perusahaan negara yang mengelola 13 bandara di kawasan barat Indonesia telah siap mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut dengan memberikan layanan yang optimal kepada pengunjung bandara.

“PT Angkasa Pura II (Persero) juga telah bekerja sama pemangku kepentingan lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menempatkan 395 personil TNI untuk menjaga keamanan bandara,” tambah Djoko.

“Khusus bagi penumpang Garuda Indonesia pada penerbangan domestik, PT Angkasa Pura II (Persero) menghimbau agar penjemputan penumpang pesawat dengan kendaraan pribadi yang tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat dilakukan di gedung parkir. Di gedung parkir tersebut juga tersedia lobby untuk penjemputan yang dapat langsung diakses oleh penumpang atau pengunjung bandara melalui Lantai 1 Terminal 3, demikian penjelasan Djoko Murjatmodjo.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS