Gempuran Jet Koalisi Arab Saudi Tewaskan 4 Wartawan

Tomi Tresnady
Gempuran Jet Koalisi Arab Saudi Tewaskan 4 Wartawan
Ilustrasi bendera Yaman dan Arab Saudi. [shutterstock]

Pasar lain yang diserang berada di Kabupaten Zabid di sebelah selatan Kota Pelabuhan Laut Merah.

Suara.com - Enam orang tewas dan puluhan orang lagi cedera ketika pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi secara terpisah menyerang dua pasar terkenal di Yaman pada Sabtu (9/12/2017), kata warga dan petugas medis.

Satu sasaran, Pasar Khalakah, terletak di Kabupaten Nehm, sekitar 30 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Yaman, Sana'a, yang dikuasai gerilyawan Syiah Al-Houthi.

Di sana serangan udara menewaskan tiga orang, melukai puluhan orang yang sedang berbelanja dan membakar tiga mobil, kata seorang petugas medis di Kabupaten Nehm.

Petugas medis tersebut melalui telepon mengatakan kepada Xinhua, orang yang berjumlah lebih dari 20. Warga mengatakan pasar itu sangat penuh pengunjung pada siang hari, ketika serangan udara dilancarkan.

Pasar lain yang diserang berada di Kabupaten Zabid di sebelah selatan Kota Pelabuhan Laut Merah, Hodeidah, tempat satu orang tewas dan lebih dari 15 orang lagi cedera, kata petugas medis di provinsi tersebut. Ia juga mengatakan serangan udara dilancarkan pada siang hari.

Banyak toko hancur dalam serangan itu, tambah petugas medis tersebut.

Pada Sabtu pagi, Kantor Berita Saba, media yang dikuasai gerilyawan Al-Houthi, dan warga mengatakan dua serangan udara lagi pada malam hari ditujukan ke markas stasiun televisi satelit negara Yaman di Sana'a, menewaskan empat wartawan dan melukai seorang penjaga di gerbang gedung stasiun televisi tersebut.

Warga mengatakan sebagian bangunan stasiun televisi itu hancur.

Itu adalah yang paling akhir dari rangkaian serangan udara oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi, yang memerangi gerilyawan Al-Houthi dalam perang selama lebih dari dua-setengah tahun di Yaman. (Antara)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS