Paslon PDIP di Pilgub Jabar dan Jateng Siap Diumumkan Besok

Arsito Hidayatullah | Nikolaus Tolen
Paslon PDIP di Pilgub Jabar dan Jateng Siap Diumumkan Besok
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan kepada wartawan mengenai pengunduran diri Azwar Anas dari Cawagub Jawa Timur, di Jakarta, Sabtu (6/1/2018). [Suara.com/Oke Atmaja]

Belum mau membocorkan, Hasto menyebut sejauh ini ada banyak nama yang sudah masuk.

Suara.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan mengumumkan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dan Jawa Tengah yang diusungnya pada Minggu (7/1/2018) besok, di Kantor DPP PDIP, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, di Kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1/2018).

"Besok ada beberapa provinsi yang akan diumumkan. Jadi tunggu saja besok pagi jam 9.30 itu. Kami harapkan kedatangan teman-teman di DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung," kata Hasto.

Sehubungan dengan itu, kata Hasto, pada hari ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memanggil Ketua DPD Jawa Barat TB Hasanuddin dan Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Wuryanto. Pemanggilan mereka adalah untuk membahas persiapan PDIP dalam mengusung calon yang disiapkan.

"Hingga hari ini, terkait Jabar, Ibu Megawati akan menanyakan persiapan seluruh jajaran dan rencana pengumuman besok. Maka dipanggil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Bapak TB Hasanudin, dan juga nanti ada Bambang Wuryanto, sehingga mereka dimintai beberapa keterangan pada Ibu Megawati," katanya.

Hasto belum mau membocorkan siapa sosok yamg bakal diusung partai berlambang kepala banteng tersebut di Jabar dan Jatim. Namun, dia memastikan bahwa ada banyak nama yang sudah masuk, untuk dipertimbangkan maju dalam Pilgub di kedua daerah tersebut.

"Ada beberapa nama-nama yang dimasukkan. Tetapi selengkapnya besok akan diumumkan di Jabar, Jateng, Sumut, Sumsel dan Kaltim," kata Hasto.

Hasto menegaskan, khusus untuk Pilgub Jatim, setelah menerima surat pengunduran diri dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, PDIP belum memutuskan sosok yang pas untuk menggantinya. PDIP menurutnya, juga menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menilai kasus yang menjerat Azwar.

"Tentu saja dengan menyerahkan mandat ke DPP, sampai hari ini kami belum memikirkan bagaimana rencana pengganti Pak Anas ini. Biar masyarakat yang nilai lebih dahulu. Biar masyarakat yang menilai dengan tanggung jawab Pak Anas, dengan kepemimpinan beliau yang mereka yakini," katanya.

"Apakah rela kalau ada upaya pihak-pihak lain yang gagalkan Anas, dan kita berdiam. Karena itu, ini yang coba kami cermati, dinamika yang ada. Dan kami sampaikan, partai tetap ada dukungan kepada Pak Anas yang berjuang menegakkan kebenaran," kata Hasto.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS