BNPB Tegaskan Isu Tsunami di Gili adalah Hoaks

Fabiola Febrinastri
BNPB Tegaskan Isu Tsunami di Gili adalah Hoaks
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, nonsetop memantau manajemen pelayanan dan pengantaran wisatawan mancanegara keluar dari Pulau Lombok. (Dok: Kemenpar)

Potensi kemungkinan tsunami sudah dicabut.

Suara.com - Mengapa Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengerahkan jaringan komunitas Genpi (Generasi Pesona Indonesia di Lombok?

Selain bergerak secara online, memviralkan info terkini seputar bencana gempa di Lombok, juga untuk menangkis isu-isu hoaks.

Di setiap kejadian luar biasa, selalu ada informasi yang simpang siur. Bagi daerah yang menjadi destinasi prioritas pariwisata, yang dikenal dengan 10 Bali Baru, kabar bohong itu bisa menimbulkan kegaduhan dan kepanikan.

“Di sinilah anak anak komunitas Genpi dibutuhkan,” kata Arief.

Persis apa yang disampaikan Sutopo Purwonugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB di media televisi, dia menyebut, masih ada info soal kemungkinan tsunami di Gili Gili.

“Itu hoaks! Itu tidak betul!” tegas Sutopo, berulang kali.

Akibat isu tersebut, bukan hanya wisatawan yang sedang di Gili Trawangan yang panik, para pegawai hotel dan restoran pun ikut-ikutan panik. Banyak diantara mereka yang ingin cepat-cepat meninggalkan Gili Trawangan.

“Saya sampaikan sekali lagi, itu hoaks. Potensi tsunami sudah dicabut sejak semalam,” jelasnya.

Bahkan Sutopo mempersilakan wisatawan untuk tetap tinggal di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

“Silakan tinggal di pulau-pulau cantik itu, tidak perlu khawatir. Gempa-gempa susulan yang kecil-kecil itu banyak dan sering. Itu biasa dan tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Hoaks atau kabar bohong mudah viral dan menakutkan. Genpi melalui hastag #GenpiPeduliGempa bergerak di media sosial.  Salah satunya menginformasikan hal-hal penting dan mendesak terkait 3A, yaitu Atraksi, akses, Amenitas, yang menjadi kepedulian Kemenpar dalam melayani wisatawan.

Genpi pun membuat posko, berkolaborasi dengan Dispar NTB, Poltekpar Lombok, Tim Manajemen Krisis Kemenpar, yang semuanya adalah organ Kementerian Pariwisata. Bahkan poskonya berada di satu spot di Dispar NTB.

“Terima kasih buat anak-anak Genpi, yang terus bergerak dan bermitra dengan baik, dengan memberikan info yang faktual,” ujar Menpar.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS