Sapi 1 Ton dari Jokowi di Surabaya akan Disembelih Besok

Bangun Santoso
Sapi 1 Ton dari Jokowi di Surabaya akan Disembelih Besok
Presiden Joko Widodo berkurban  satu sapi putihh di Masjid Al Akabar Surabaya,  Jawa Timur. Sapi jenis peranakan Ongole seberat 1.050 kilogram itu telah berada di masjid tersebut, Selasa (21/8/2018). [Suara.com/Dimas Angga P]

Selain sapi dari Jokowi ada juga sapi kurban dari Pakde Karwo, Khofifah dan Gus Ipul

Suara.com - Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) menjadwalkan akan melakukan penyembelihan hewan kurban pada Kamis (23/8/2018) besok, atau sehari setelah hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah atau Rabu (22/8/2018) hari ini.

Di antara kurban-kurban itu terlihat sapi peranakan ongole (PO) milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) seberat 1,05 ton. Kemudian sapi kurban dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) berjenis simental berbobot 1 ton, serta sapi dari Pj Sekda Provinsi Jatim Jumadi juga berjenis limousin berbobot 800 kg.

Disusul dengan milik Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) lainnya seperti milik Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Mahcfud Arifin, Kepala KejaksaanTinggi (Kajati) Jatim Sunarta, Kepala Pengadilan Tinggi (PT) Jatim, Abdul Kadir dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono

Menariknya, di antara hewan kurban itu terlihat milik Wakil Gubernur Jatim, yang sebelumnya gagal terpilih sebagai Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersebelahan dengan Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa.

"Keduanya limosin dan dengan bobot 900 kilogram," kata Humas MAS Surabaya Helmi Muhammad Noor saat ditemui di halaman selatan Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (22/8/2018).

Dalam penyerahan simbolis itu, hanya terlihat Pakde Karwo dan Gubernur terpilih Khofifah. Sementara Gus Ipul tidak melakukan shalat jamaah di MAS.

Pakde Karwo melihat ada kenaikan jumlah hewan kurban dari tahun ke tahun. Khusus di MAS sendiri terjadi peningkatan, dari jumlah kurban sapi. Tahun ini, terdata jumlah kurban 26 sapi dan 61 kambing. Meningkat dari tahun lalu, 63 kambing dan 24 sapi.

"Saya dengar dari data itu ada kenaikan jumlah kurban 10-15 persen du tempat lain," kata Pakde Karwo.

Merujuk ke isi khutbah sebelumnya, Pakde Karwo berharap sebagai umat muslim dapat mencontoh Nabi Ibrahim yang memiliki ketakawaan tinggi kepada Sang Khalik, Allah SWT dengan didasari iman yang kuat.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS