Sapi Santa, Hewan Kurban Primadona Pejabat Saat Idul Adha

Bangun Santoso | Muhammad Yasir
Sapi Santa, Hewan Kurban Primadona Pejabat Saat Idul Adha
Ilustrasi sapi kurban Idul Adha dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). [Suara.com/Dimas Angga P]

Harga sapi Santa saat Idul Adha paling murah seharga Rp 200 juta

Suara.com - Sapi jenis Santa dengan berat 1,5 ton menjadi primadona di Mal Kurban H. Doni di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Jenis persilangan sapi Australia tersebut laris manis hingga habis terjual.

Fany, salah satu sales di Mal Hewan Kurban H. Doni mengatakan, 70 ekor sapi jenis Santa telah terjual dari total 76 ekor sapi yang ada di mal hewan kurban itu. Untuk satu ekor sapi jenis Santa tidak main-main, yakni mencapai Rp 200 juta lebih atau setara dengan harga mobil.

"Sudah terjual 70 ekor dari 76, kalau harganya sekitar Rp 200 jutaan," kata Fany saat dihubungi Suara.com, Rabu (22/8/2018).

Menurut Fany, sebagian besar pembeli jenis sapi Santa tersebut hanya dari kalangan tertentu. Seperti institusi pemerintah, pejabat, hingga kalangan artis.

"Kalau kemarin sih ada dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, terus jenderal sama artis tapi saya lupa namanya," ungkap Fany.

Dengan banyaknya sapi Santa yang terjual, Fany mengaku omzet penjualan hewan kurban tahun ini jauh lebih tinggi di banding saat Idul Adha tahun lalu.

Mal Hewan Kurban H. Doni sudah ada sejak 2002. Omzet pada Idul Adha tahun ini mencapai 50 persen dari keuntungan tahun lalu.

Namun demikian, Fany mengaku jumlah sapi yang dijual sedikit dikurangi atas perhitungan kondisi ekonomi saat ini. Dimana mayoritas pembeli lebih berminat untuk membeli atas pertimbangan harga yang murah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS