Tahun Baru Islam, Ulama Minta Umat Jaga Keutuhan NKRI

Iwan Supriyatna
Tahun Baru Islam, Ulama Minta Umat Jaga Keutuhan NKRI
Jaringan Umat Islam Bersatu (JUIB) Sumatra Utara menggelar tablig akbar dalam rangka menyambut Tahu Baru Islam 1440 Hijriyah di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara.

"NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan hasil ijtihad para alim ulama yang harus dijaga,"

Suara.com - Jaringan Umat Islam Bersatu (JUIB) Sumatra Utara menggelar tablig akbar dalam rangka menyambut Tahu Baru Islam 1440 Hijriyah di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara.

Ketua Dewan Pembina Muzakarah, Silaturahmi Alim Ulama dan Tablig Akbar, KH Syekh Ali Akbar Marbun mengatakan, kegiatan ini diawali dengan muzakarah sekitar 300 alim ulama pimpinan pondok pesantren, cendikiawan, tokoh-tokoh ormas Islam serta para kiai dan habib dari Pulau Jawa dan Sumatra.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk menghimpun buah pikiran dan meminta masukan dari para alim ulama dalam mensikapi situasi bangsa yang saat ini sedang memasuki tahun politik," kata Syekh Ali.

Menurut dia, muzakarah alim ulama menghasilkan tiga poin rekomendasi antara lain Negara RI merupakan hasil ijtihad dari alim ulama, kiai dan para habib yang diperjuangkan melalui tetesan keringat dan darah.

"Kemudian Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan hasil ijtihad para alim ulama Indonesia yang harus dikawal untuk mewujudkan negara makmur, baldatun thayibatun warabbun ghaffur," ujarnya.

Ketiga, kata Syekh Ali, menyerukan kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI dan menghindari adanya perpecahan umat dengan terus mengikuti arahan dan bimbingan para ulama.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS