Terjebak Saat Erupsi, 7 Pendaki Dievakuasi dari Gunung Soputan

Bangun Santoso
Terjebak Saat Erupsi, 7 Pendaki Dievakuasi dari Gunung Soputan
Letusan stromboli Gunung Soputan dengan estimasi ketinggian 400 m dari puncak, terpantau dari Desa Lobu, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Rabu (3/10). [ANTARA FOTO/Adwit B Pramono]

Basarnas, polisi dan TNI masih menelusuri laporan adanya pendaki lain saat Gunung Soputan erupsi

Suara.com - Tujuh pendaki yang dilaporkan berada di Gunung Soputan saat erupsi telah dievakuasi.

"Saat ini tujuh pendaki yang berada di sekitar Gunung Soputan sudah dievakuasi dalam keadaan selamat," kata Koordinator Pos Basarnas Kotamobagu, Rusmadi di Silian, Kamis (4/10/2018).

Dia menuturkan pihaknya bersama dengan pihak Kepolisian dan TNI, melakukan penelusuran di sekitar Gunung Soputan terkait adanya laporan masih adanya pendakian saat erupsi.

"Kami berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dan TNI untuk melakukan pencarian, dan kami memastikan para pendaki sudah turun," ujarnya seperti dilansir Antara.

Sementara itu Camat Silian, Berty Mokat mengungkapkan, para pendaki tersebut berasal dari luar Minahasa Tenggara.

"Mereka ini adalah turis yang naik ke Soputan dari arah Minahasa Selatan. Makanya tidak terdeteksi oleh pemerintah desa setempat," lanjutnya.

Para pendaki tersebut terdektsi oleh Pos Pemantau Gunung Soputan pada Rabu dini hari sebelum terjadinya erupsi pada pukul 08:47 Wita, dan langsung dilaporkan ke pihak TNI, Polri, dan Basarnas.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS