2019, Menteri Sofyan Targetkan Tanah Warga DKI Bersertifikat

Agung Sandy Lesmana | Chyntia Sami Bhayangkara
2019, Menteri Sofyan Targetkan Tanah Warga DKI Bersertifikat
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. (Suara.com/Chyntia)

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menargetkan proses sertifikasi tanah di seluruh wilayah DKI Jakarta akan rampung pada 2019.

Suara.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menargetkan proses sertifikasi tanah di seluruh wilayah DKI Jakarta akan rampung pada 2019. Proses percepatan sertifikasi tanah dilakukan guna menghindari adanya mafia tanah.

Sofyan mengatakan, sertifikasi tanah di kota-kota besar di Indonesia menjadi target utama untuk segera diselesaikan. Nantinya, DKI akan menjadi salah satu kota yang sedang dikejar target penyelesaiannya untuk meminimalisir sengketa lahan.

"Insyaallah Jakarta dengan dukungan Pak Gubernur tahun depan kita sudah selesaikan mendaftarkan seluruh tanah di Jakarta," kata Sofyan saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

Sofyan menjelaskan, dengan adanya sertifikasi tanah maka sengketa lahan yang selama ini sering terjadi dapat terhindari. Selain Jakarta, ada beberapa kota lainnya yang telah selesai proses sertifikasi tanah antara lain Solo, Magelang, dan Bandung.

"Begitu tanah telah terdaftar semua, yang bersengketa kita selesaikan sengketanya, yang kurang dokumen, kita akan umumkan kurang dokumen, yang sudah ada sertifikat sebelumnya, duduknya nggak pas, kita dudukan," ungkap Sofyan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Pemprov DKI memberikan dukungan penuh terhadap realisasi program dari pemerintah pusat ini. Anies mengatakan akan mengalokasikan Rp64 miliar untuk pendanaan bidang tanah.

"Pada 2018 kita alokasikan sebesar Rp120 miliar dan 2019 kita mengalokasikan Rp64 miliar untuk membantu pendanaan 525.000 bidang tanah di DKI," pungkas Anies.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS