Kunjungi Desa Wisata Pengrajin Rotan, Sandiaga Curhat Usahanya Bangkrut

Dwi Bowo Raharjo
Kunjungi Desa Wisata Pengrajin Rotan, Sandiaga Curhat Usahanya Bangkrut
Sandiaga memeluk seorang petani di Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018) [ Foto: Tim Dokumentasi Sandiaga Uno]

Sandiaga sebut pengrajin masih menghadapi kesulitan mendapatkan bahan baku rotan.

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyambangi desa wisata kerajinan rotan di Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (28/12/2018). Dalam kunjungannya, Sandiaga sempat mendengarkan aspirasi hingga keluh kesah para pengrajin rotan.

Sandiaga mengaku pernah menjadi pengrajin, namun usaha yang ia jalani kala itu tidak berjalan lama karena bangkrut.

"Saya berkunjung ke rumah pengrajin rotan Slamet. Saya dahulu juga seorang pengrajin, tetapi usahanya bangkrut," kata Sandiaga seperti dilansir dari Antara.

Desa wisata kerajinan rotan di Trangsan ini, kata Sandiaga, sudah membuka peluang sekitar 400 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Usaha ini menyerap sekitar 7.000 tenaga kerja.

Namun, kata Sandiaga, para pengrajin masih menghadapi kesulitan mendapatkan bahan baku rotan. Para pengrajin merasakan bahan baku sulit didapat.

Mantan Wagub Jakarta ini menyebut kasus tersebut pernah dialaminya beberapa tahun yang lalu, atau saat masih menjadi pengusaha rotan di desa ini. Pada waktu itu, Sandiaga menyebut sempat mengekspor dua kontainer dengan memiliki 200 tenaga kerja.

Usaha yang dirintis Sandiaga terpaksa gulung tikar karena kesulitan bahan baku yang harganya relatif mahal.

Dalam kunjungan ini Sandiaga didampingi istrinya, Nur Asian Uno. Mereka bertemu dengan sejumlah pengrajin rotan sekaligus kampanye pencalonan Sandiaga sebagai Wakil Presiden RI pada Pemilu 2019.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS