Kesaksian Warga: Zaman Ahok Kali Item Bersih Bisa Dipakai Renang, Sekarang?

Iwan Supriyatna | Walda Marison
Kesaksian Warga: Zaman Ahok Kali Item Bersih Bisa Dipakai Renang, Sekarang?
Suasana sebagian kali item yang dipenuhi busa di belakang Wisma Atlet, Jakarta Pusat. [Suara.com/Fakhri Hermansyah]

"Dulu zaman Ahok kali item ini bersih. Sampai bisa dipakai berenang sama anak-anak."

Suara.com - Adi (25) warga yang tinggal di kawasan Kangkungan, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini nampak kecewa dengan kondisi Kali Sentiong atau Kali Item sekarang.

Dirinya pun mulai membandingkan era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Gubernur saat ini, Anies Rasyid Baswedan. Adi mengakui kondisi Kali Item di era Gubernur Ahok jauh lebih bersih dibanding saat ini.

"Dulu zaman Ahok Kali Item ini bersih. Sampai bisa dipakai berenang sama anak-anak. Kalau sekarang baunya kemana-mana," kata Adi saat ditemui di kawasan Kali Item, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurutnya, salah satu cara agar Kali Item bisa kembali bersih yakni dengan dilakukan pengerukan. Cara itu menurut Adi cukup berhasil saat membersihkan kali di era kepemimpinan Ahok.

"Coba diikutin saja cara Ahok. Sampai dikeruk lumpur-lumpur yang ada dibawah kali. Biar bersih," terangnya.

Dirinya juga menilai pengendalian air detergen oleh warga agar tidak menimbulkan limbah rumah tangga bukan solusi yang tepat. Dia menilai dari zaman gubernur sebelumnya tidak ada yang mempermasalahkan limbah detergen dari warga.

"Kemarin-kemarin nggak pernah ada yang salahin warga karena make detergen. Harusnya jangan salahin kita. Kita kan juga dirugikan," tuturnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS