Soal HAM Difabel, Jokowi Contohkan Bonus Miliaran Atlet Asian Para Games

Agung Sandy Lesmana
Soal HAM Difabel, Jokowi Contohkan Bonus Miliaran Atlet Asian Para Games
Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat pertama yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. [Antara Foto/Aprillio Akbar/foc]

Jokowi juga menyinggung adanya Undang-Undang yang mengatur soal pemenuhan hak-hak terhadap masyarakat difabel

Suara.com - Capres nomor urut 01 Joko Widodo merasa tak pernah mau membeda-bedakan masyarakat termasuk kaum difabel. Sebab, dia mengklaim sangat menjunjung kesetaraan. Hal itu disampaikam Jokowi saat menjawab pertanyaan soal HAM terhadap kaum difabel dalam acara debat capres-cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2019).

Jokowi juga menyinggung adanya Undang-Undang yang mengatur soal pemenuhan hak-hak terhadap masyarakat difabel

"Setelah pemerintah mengeluarkan UU mengenai penyadang disablistas, saya melihat paradigma terhadap kaum disabilitas ini sudah berubah, bantuan sosial, tetapi yang sekarang UU yang baru, pemenuhan hak-hak. pemerintah sudah memberikan fasilitas pemenuhan hak itu, seperti pekerjaaan, perumahan dan fasilitas umum, sudah kita mulai," kata Jokowi.

Terkait klaim kesetaraaan itu, Jokowi pun memberikan contoh saat berlangsungnya penyelenggaran Asian Para Games di Jakarta pada 2018 lalu. Capres petahana itu mengaku telah memberikan bonus kepada atlet difabel yang meraih prestasi. Nilai bonus itu, kata dia besarnya sama dengan atlet Indonesia yang mendapatkan prestasi di Asian Games.

"Di acara Asian Para Games, kita juga memberikan bonuns yang sama kepada atlet-atlet yang berlaga. Atlet yang mendapatkan emas diberikan uang 1.5 M, perak bisa kita berikan bunos Rp5 00 juta, Sama seperti atlet-atlet yang berlaga di Asean Games," kata dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS