Jasa Marga: Motor Masuk Jalan Tol Bisa, Tapi...

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Jasa Marga: Motor Masuk Jalan Tol Bisa, Tapi...
Ilustrasi suasana proyek pembangunan infrastruktur, di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat. [ANTARA FOTO/Risky Andrianto]

Imbas dari motor masuk jalan tol adalah butuh investasi baru

Suara.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ikut bersuara terkait wacana sepeda motor masuk jalan tol. Menurut Jasa Marga, harus ada tambahan investasi untuk membangun jalur khusus sepeda motor di jalan tol.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Aryani menerangkan, jalur khusus sepeda motor hanya bisa dibangun dalam pembangunan jalan tol baru. Sehingga, perlu tambahan investasi untuk membangun jalan khusus sepeda motor.

"Kalau dari sisi kami kan tentunya ada investasi baru, bagaimana terus dampaknya kalau ada investasi baru, kan perubahan BPJT dan seterusnya, bagaimana pemerintah," ujar Desy saat ditemui di Hotel Pullman Jakarta Pusat, Jumat (1/2/2019).

Selain itu, Desy juga meminta adanya kelayakan bisnis terkait pembangunan jalur khusus sepeda motor. Pasalnya, harus ada pengembalian dari investasi yang telah dikeluarkan.

"Misalnya ada investasi baru tapi tidak ada kelayakan bisnis, tidak mungkin kami bisa respon. Tapi kalau ada investasi baru kemudian dihitung kelayakan bisnisnya jelas bisa-bisa aja. Kan namanya bisnis," imbuh dia.

Dikesempatan yang sama, AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, jalan tol yang ada misalnya tol dalam kota memang hanya dirancang untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Sehingga, tidak bisa jika dipaksakan untuk sepeda motor masuk tol.

Maka dari itu, kata Heru, wacana sepeda motor masuk tol bisa direalisasikan di jalan tol yang akan dan sedang dibangun.

"Yang jelas PPJT kami untuk tol dalam kota adalah yang memang sejak awal desainnya jalan tol dalam kota itu adalah kendaraan roda empat atau lebih, sehingga memang tidak ada desain untuk roda dua. Lebih ke yang mau dibangun karena sejak awal untuk itu, dan investasinya mencakup itu," ujar dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS