Imlek di Palembang, Ribuan Warga Tionghoa Padati Vihara dan Sembahyan Thian

Pebriansyah Ariefana
Imlek di Palembang, Ribuan Warga Tionghoa Padati Vihara dan Sembahyan Thian
Imlek di Palembang. (Suara.com/Andhiko)

Sejumlah vihara besar dipadati umat Tionghoa untuk melakukan sembahyang Imlek dan Sembahyang Thian.

Suara.com - Perayaan Imlek tahun 2570/2019 masehi juga diperingati di Palembang Sumatera Selatan, Selasa (05/04/2019). Sebagai kota yang juga dihuni mayoritas Tionghoa, sejumlah vihara besar dipadati umat Tionghoa untuk melakukan sembahyang Imlek dan Sembahyang Thian.

Salah satunya di Vihara Meitrya Duta, 17 Ilir Palembang. Warga Tionghoa yang tidak hanya berasal dari Palembang juga terlihat memadati rumah peribadatan umat Tionghoa tersebut.

Mereka menunjukkan rasa syukur dan berdoa agar di tahun shio babi tanah 2570 ini dapat lebih baik ketimbang sebelumnya.

Pengelola Vihara Meitya Duta Palembang, Jhonson Susanto menegaskan jika sejak malam hingga sore hari ini, masih banyak umat yang melakukan ibadah di vihara.

Mereka juga memiliki sejumlah kegiatan dengan memberikan bantuan kepada warga yang tidak mampu serta bersilaturahmi dengan sesama umat di vihara.

"Tahun baru Imlek merupakan perayaan terpenting warga Tionghoa, perayaan tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal kelima belas. Kita ucapkan syukur dan berharap agar di tahun ini dapat memiliki kehidupan yang lebih baik," ujarnya di Palembang.

Perayaan pergantian malam tahun baru imlek juga dilakukan di Vihara Dharmakirti, Senin (04/02/2019). Warga Tionghoa memanjatkan doa dan menyalakan 1000 lilin sebagai bentuk sukacita menyambut tahun shio babi tanah 2570.

Momen ini dilakukan ribuan warga untuk meminta kesejahteraan, pekerjaan serta doa doa yang baik.

"Ini selalu kita lakukan hampir setiap tahun. Mudah-mudahan, dengan dupa yang diletakkan di altar bisa membawa kita ke kehidupan yang lebih baik di tahun baru ini," ujar Awi (38) warga Palembang.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS