UNBK Digelar Maret 2019, Mendikbud Targetkan 98 Persen SMA Punya Internet

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
UNBK Digelar Maret 2019, Mendikbud Targetkan 98 Persen SMA Punya Internet
Mendikbud, Muhadjir Effendy tinjau peserta UNBK 2018 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 29 Penerbangan, Jalan Profesor Joko Sutono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) pagi. [Suara.com/Welly Hidayat]

Untuk menghindari bulan puasa pelaksanaan UNBK dimajukan menjadi Maret 2019.

Suara.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada Maret 2019. Jadwal ini diambil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan tidak ada masalah terkait persiapan UN jika jadwalnya dimajukan. Pada tahun 2018, UN berlangsung pada bulan April dan tahun ini digelar pada Maret 2019.

"Ya, untuk menghindari (bulan) puasa, dimajukan sebelum puasa. (Dari sisi persiapannya) tidak ada masalah, semua lancar," ujar Muhadjir di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Di sisi lain, Kemendikbud menargetkan 98 persen sekolah menengah atas sudah bisa menggelar UN berbasis komputer dengan fasilitas pendukung yang memadai, salah satunya jaringan internet. Sementara untuk sekolah menengah pertama ditargetkan 80 persen.

"Nanti wilayah yang belum terjangkau internet terutama daerah jauh InsyaAllah segera dilaksanakan, tahun ini ada 3600 sekolah yang kita pasang bekerja sama dengan Menkominfo," jelasnya.

Muhadjir mengatakan daerah di Indonesia bagian timur akan menjadi fokus pembangunan fasilitas tersebut. Hal ini bertujuan agar Ujian Nasional berbasis komputer bisa dilakukan secara merata.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS