Tahanan Penuh Seperti Sarden, Sandiaga Prihatin Lihat Kondisi Ahmad Dhani

Agung Sandy Lesmana
Tahanan Penuh Seperti Sarden, Sandiaga Prihatin Lihat Kondisi Ahmad Dhani
Cawapres Sandiaga Uno sesuai besuk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng. (Suara.com/Achmad Ali)

Menurutnya, saking penuhnya rutan itu, para tahanan harus tidur berdesak-desakan.

Suara.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku prihatin melihat kondisi caleg Partai Gerindra Ahmad Dhani yang mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medaeng, Surabaya, Jawa Timur. Sebab, kata dia, ruangan penjara itu sudah melebihi kapasitas atau over capasity.

"Yang perlu kita soroti adalah over capacity. Ibarat kapal, kapal yang hanya bisa mengirim 100 penumpang sekarang di isi lebih dari 500 penumpang," kata Sandiagaseusai menjenguk Dhani di Rutan Medaeng, Sabtu (16/2/2019).

Menurutnya, saking penuhnya rutan itu, para tahanan harus tidur berdesak-desakan. 

"Berarti ini akan mengakibatkan kapal ini kecelakaan, karam mungkin berakibat banyak sekali masyarakat yang akan kehilangan sanak saudaranya karena keadaan di dalam lapas sendiri sangat memprihatinkan," kata dia.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional, Priyo Budi Santoso mengaku sangat terkejut melihat kondisi Rutan yang over kapasitas. Menurutnya, apa yang dia lihat sudah tidak manusiawi.

"Ini sudah enggak masuk akal, sudah hampir 3000 berkelimpangan seperti ikan sarden. Enggak pake baju ote-ote (tanpa busana) gitu," tegasnya.

Untuk itu, sebagai mantan pimpinan DPR RI yang membawahi masalah hukum dan HAM, Priyo Budi Santoso akan mencarikan formulasi untuk mengatasi kondisi rumah tahanan.

"Saya tetep akan meminta melalui jalur-jalur yang ada agar over capacity daripada tahanan dan lapas ini segera dicari solusi. Karena kita punya dana untuk itu," pungkasnya.

Kontributor : Achmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS