Buka Rakernas AMSI, Menkominfo Rudiantara Ajak Media Massa Perangi Hoaks

Pebriansyah Ariefana | Stephanus Aranditio
Buka Rakernas AMSI, Menkominfo Rudiantara Ajak Media Massa Perangi Hoaks
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak media arus utama untuk bekerja sama memerangi hoaks yang makin marak di Indonesia. (Suara.com/Tyo)

Acara pembukaan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas AMSI juga dihadiri oleh Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak media arus utama untuk bekerja sama memerangi hoaks yang makin marak di Indonesia. Dia bahkan siap menyediakan ruangan di Gedung Kemenkominfo untuk membahas kerja sama ini.

Rudiantara mengaku pemerintah tidak bisa sendirian dalam memerangi hoaks, dia melihat insan pers yang ada di media arus utama memiliki kemampuan untuk memverifikasi sebuah kabar yang belum jelas kebenarannya.

"Memerangi hoaks itu tidak bisa sendiri, pemerintah tidak bisa sendiri, teman-teman (media) itu mempunyai kemampuan, saya berharap dari teman-teman yang menjadi bagian dari media arus utama, karena laporan elderman yang di isu awal 2018 itu menunjukkan peningkatan kepercayaan atau trust barometernya terhadap media arus utama di indonesia tu naik," kata Rudiantara saat menjadi pembicara di pembukaan Rakernas Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Dia bahkan menawarkan salah satu ruangan di gedung Kemenkominfo untuk digunakan oleh AMSI membahas bentuk kerja sama tersebut.

"Saya mengajak kerja sama sama teman semua, bagaimana bentuknya? Silahkan ayo kita rembuk, kalau perlu saya fasilitasi di kantor juga nggak papa, tadi Mas Jono (Pemred Suara.com, Suwarjono) cerita sekarang kalau ada acara banyak tempat di jakarta, saya bilang nanti kalau AMSI mau bikin acara kongres ya silahkan di kominfo gedungnya seadanya," jelasnya.

Acara pembukaan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas AMSI juga dihadiri oleh Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo. Lalu juga beberapa pemimpin redaksi media massa di Indonesia, dan anggota AMSI seluruh Indonesia.

Rakernas AMSI ini akan berlangsung selama dua hari di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, selama dua hari mulai Jumat-Sabtu (1-2/3/2019).

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS