PKS Sebut Tukang Las di Gunungkidul Layak Jadi Caleg

Bangun Santoso
PKS Sebut Tukang Las di Gunungkidul Layak Jadi Caleg
Ihsan Lahardi, tukang las di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, jadi Caleg untuk DPRD setempat dari PKS. [Suara.com/Sri Handayani]

Selain sebagai kader lama, Ihsan juga dinilai telah banyak berjuang untuk PKS

Suara.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gunungkidul, Ari Siswanto, menilai tukang las di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang bernama Ihsan layak menjadi calon anggota legislatif atau caleg.

Selain sebagai kader lama, Ihsan juga dinilai telah banyak berjuang untuk PKS. Terutama di Dewan Pimpinan Cabang atau DPC PKS Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

"Pak Ihsan Lahardi itu selain beliau tukang las, di sisi lain kan beliau itu kader lama. Banyak berjuang untuk DPC Panggang, sehingga beliau layak untuk kita caleg-kan," kata Ari ketika dihubungi wartawan, Minggu (3/3/2019).

Menurut Ari, kondisi ekonomi Ihsan yang cukup sulit tak menjadi masalah bagi PKS. Partai berlambang padi dan bulan sabit itu memberikan bantuan dana. Mulai dari pencetakan stiker, kunjungan, hingga pembiayaan saksi-saksi. Tak hanya Ihsan, semua caleg PKS diperlakukan sama.

"Intinya kalau kami mencoba meyakinkan pak Ihsan, beliau punya peluang yang sama dengan yang lain. Kapasitas beliau sebagai tukang las itu saya kira tidak jadi hambatan untuk melenggang di Kantor DPRD, dan itu sangat terbuka," ujar Ari.

Keberadaan Ihsan sebagai pendatang juga tak menjadi masalah. Ia telah tinggal selama 20 tahun di Gunungkidul dan beridentitas sebagai warga wilayah tersebut. Bahkan Ihsan telah diakui sebagai tokoh lokal. Jaringan keluarga istrinya yang asli Gunungkidul, Tupilah, juga bisa digerakkan. Ihsan juga dinilai telah memiliki jaringan di kalangan tukang las di wilayahnya.

Kapasitas keagamaan juga menjadi penilaian partai berbasis Islam tersebut. Ihsan dinilai memiliki kemampuan membaca Alquran (qiroah) yang baik. Ia juga sering mengisi pengajian di berbagai wilayah.

"Ketokohan beliau itu memang layak walaupun memang kita kompetitif sekali, di Dapil 5 kan hampir kekuatannya itu sama. Tidak ada yang paling menonjol, tidak ada yang paling rendah," ujarnya lagi.

Ari mendukung langkah Ihsan yang melakukan kampanye dari pintu ke pintu. Sebagai caleg baru, hal ini penting dilakukan untuk membentuk opini publik dan membuatnya lebih dikenal. Ihsan diharapkan akan mampu mendukung Dapil 5 mencapai target dua kursi dari total sembilan kursi yang diperebutkan.

Kontributor : Sri Handayani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS