Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Sandiaga Sebut 61 % Pengangguran Kalangan Muda, Ini Buktinya

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Sandiaga Sebut 61 % Pengangguran Kalangan Muda, Ini Buktinya
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. (Suara.com/Ria Rizki)

Menurut Sandi, hal itu memprihatinkan, sebab banyak anak muda yang memilih masuk SMK agar mudah mendapat kerja

Suara.com - Dalam debat pilpres ketiga di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/3/2019) malam, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut jumlah pengangguran di Indonesia didominasi angkatan kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Klaim itu disampaikan dalam segmen ketiga debat pilpres putaran 3 saat berbicara terkait ketenagakerjaan. Menurut Sandi, hal itu memprihatinkan, sebab banyak anak muda yang memilih masuk SMK agar mudah mendapat kerja setelah lulus.

"Sangat ironis, siswa-siswa SMK sekarang ini mendominasi jumlah pengangguran kita. 61% jumlah pengangguran kita adalah angkatan muda. Mereka masuk SMK karena ingin cepat mendapat kerja tapi justru mereka susah mendapatkan pekerjaan,” ujar Sandiaga.

Berdasarkan data ketenagakerjaan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2018, ada 11,24% penganggur terbuka yang berlatarbelakang pendidikan SMK. Kemudian, 7,95% penganggur merupakan lulusan SMA.

Jika ditotal, ada 19,19% angkatan kerja yang menganggur berlatarbelakang pendidikan SMA dan SMK.

Jumlah pengangguran pada Agustus 2018 tercatat sebanyak 7 juta orang, turun dari angka penganggur pada Agustus 2017 yang mencapai 7,04 juta.

Sementara jumlah pekerja pada Agustus 2018 sejumlah 124,01 juta orang atau naik tipis dari Agustus 2017 yakni 121,02 juta.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS