alexametrics

Rekor 5 Kali Menang Pemilu, Rekam Jejak Politik Jokowi Tak Terkalahkan

Rendy Adrikni Sadikin | Chyntia Sami Bhayangkara
Rekor 5 Kali Menang Pemilu, Rekam Jejak Politik Jokowi Tak Terkalahkan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sejak 2004, Jokowi sudah mengikuti 5 kali kontestasi Pemilu dan selalu menang

Suara.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Dari hasil penghitungan, capres nomor urut 01 Jokowi-Maruf ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 dengan perolehan suara 55,5 persen.

Adapun capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh suara sebanyak 44,5 persen. Pengumuman hasil rekapitulasi tersebut dilakukan pada Selasa (21/5/2019) dini hari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Pilpres 2019 merupakan kontestasi politik ke-lima dalam sejarah politik Jokowi. Selama lima kali kontestasi itu pula Jokowi selalu sukses mendulang kemenangan.

Berikut Suara.com merangkum rekam jejak kemenangan Jokowi dalam 5 kontestasi politik yang selalu diunggulinya.

Baca Juga: Takmir Masjid Al Ittihaad Ditangkap Polisi Dituduh Tampung Massa 22 Mei

1. Pilkada Kota Solo 2005

Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 itu memutuskan untuk memulai karier politiknya dengan bergabung bersama PDIP pada 2004. Pengusaha furnitur di Surakarta itu pun mendapatkan jabatan sebagai salah satu pengurus DPC PDIP Solo.

Bergabungnya Jokowi dengan PDIP membawanya berkenalan dengan FX Hadi Rudyatmo yang lebih dulu masuk DPC PDIP Solo. Keduanya pun dipercaya oleh PDIP dan PKB untuk maju dalam Pilkada Kota Solo 2005.

Jokowi. (Antara)
Jokowi. (Antara)

Meski orang baru di dunia politik, Jokowi melesat menjadi superstar. Ia berhasil memenangkan Pilkada Kota Solo dengan FX Hadi Rudyatmo dengan perolehan suara sebanyak 99.747 suara atau 36,62 persen dan sukses mengungguli 3 calon lainnya.

2. Pilkada Kota Solo 2010

Baca Juga: Senjata Ilegal Eks Danjen Kopassus Soenarko Diselundupkan dari Aceh

Setelah dilantik menjadi Wali Kota Solo, Jokowi menunjukkan kemampuannya menata Kota Solo. Ia sukses menata Pedagang Kaki Lima hingga membranding Kota Solo sebagai 'The Spirit of Java'.

Komentar