alexametrics

Trump Jadi Pemimpin Asing Pertama Temui Kaisar Jepang Naruhito

Bangun Santoso
Trump Jadi Pemimpin Asing Pertama Temui Kaisar Jepang Naruhito
Presiden AS Donald Trump bertemu Kaisar Jepang Naruhito, Senin (27/5/2019). (AFP)

Donald Trump melakukan 4 hari kunjungan ke Jepang dan bertemu Kaisar Naruhito yang naik takhta pada 1 Mei 2019

Suara.com - Presiden AS Donald Trump, Senin (27/5), menjadi pemimpin asing pertama yang bertemu dengan Kaisar Naruhito, yang naik takhta pada 1 Mei 2019.

Trump memulai kunjungan selama empat hari ke Jepang pada Sabtu (25/5). Senin, Trump secara resmi bertemu dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako.

Trump dan ibu negara Melania Trump mendapat upacara penyambutan yang sangat rinci di Istana Kekaisaran tak lama setelah pukul 9.00 pagi waktu setempat.

Delegasi AS disambut di istana oleh puluhan murid sekolah dasar yang mengibarkan bendera Jepang dan Amerika. Sebuah band militer memainkan lagu kebangsaan Amerika dan Jepang, "Star Spangled Banner" dan Kimigayo, demikian dilansir dari VOA, Senin (27/5/2019).

Baca Juga: Serukan Kebijakan Otomotif, Presiden Trump Bikin Jepang Bingung

Pada hari yang sama, Trump juga akan menghadiri pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di wisma tamu negara Jepang untuk membahas masalah perdagangan dan pertahanan.

Tidak ada terobosan cepat yang diharapkan dalam perdagangan, meskipun kedua pemimpin telah menyatakan keinginan bagi pakta perdagangan bilateral setelah Trump menarik Amerika dari Kemitraan 12 negara, Trans-Pasifik yang komprehensif. Kemitraan tersebut dipelopori Tokyo dan Washington di bawah pendahulu Trump, Barack Obama.

Abe dan Trump akan mengadakan konferensi pers bersama Senin sore.

Senin malam kaisar Naruhito akan mengadakan perjamuan kekaisaran di istana.

Baca Juga: Puji Demokrasi Indonesia, Presiden Trump Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Komentar