Prihatin Dengar Cerita Guru Nining yang Tinggal di Toilet, JK Sarankan Ini

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Prihatin Dengar Cerita Guru Nining yang Tinggal di Toilet, JK Sarankan Ini
Nining (44) guru honorer yang tinggal di samping toilet SDN Karya Buana 3 (Suara.com/Yandhi)

Selama memenuhi syarat, guru honorer bisa mengubah nasibnya melalui program setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni PPPK atau P3K.

Suara.com - Nining, guru honorer di SD Negeri 3 Karya Buana, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, terpaksa tinggal di toilet yang sudah dimodifikasi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan kalau Nining bisa ikut PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK atau P3K).

JK menjelaskan pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan daripada guru honorer yang ada di Indonesia. Selama memenuhi syarat, guru honorer bisa mengubah nasibnya melalui program setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni PPPK atau P3K. 

"Ya selama, itu kan menambah PNS. Bukan menambah, mengisi lowongan-lowongan yang ada. Sehingga honorer seperti itu, selama memenuhi syarat ya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019). 

JK mengungkapkan bahwa pemerintah memiliki perhatian penuh kepada nasib para guru honorer bahkan memberikan kesempatan hingga 100 ribu orang setiap tahunnya. Akan tetapi, kata JK tidak semua dapat kesempatan tersebut karena harus memenuhi syarat untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan kualitas tenaga pengajar. 

Menyinggung soal nasib Nining, JK percaya kalau Nining bisa diangkat menjadi PNS kontrak tersebut apabila memiliki kualitas yang baik. 

"Tapi saya juga yakin Ibu Nining berusaha meningkatkannya pasti akan terpilih pada waktunya," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS