Lebaran Betawi Berlangsung di Monas, Pengunjung Gratis Naik TransJakarta

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Lebaran Betawi Berlangsung di Monas, Pengunjung Gratis Naik TransJakarta
Ilustrasi Lebaran Betawi di Setu Babakan. (Suara.com/Erick Tanjung)

Acara tahunan ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara kesenian hingga pawai budaya Betawi.

Suara.com - Lebaran Betawi 2019 akan berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat mulai 19 Juni sampai 21 Juni 2019. Acara tahunan ini akan dimeriahkan oleh berbagai acara kesenian hingga pawai budaya Betawi.

Mengantisipasi kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah membuat rekayasa lalu lintas untuk meminimalisir dan memudahkan akses transportasi menuju lokasi acara.

Pada acara Parade Defile yang dilaksanakan Minggu (21/7/2019), akan dilakukan penutupan jalan pada 2 lajur. Yakni dari arah Jalan Ridwan Rais. Selanjutnya lalu lintas dibuka kembali setelah seluruh peserta parade defile melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sementara rekayasa lalu lintas terhadap ruas empat laju di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan akan dipasang traffic cone. Pemasangan dilakukan mulai dari depan Kedubes Amerika Serikat sampai Gedung ESDM.

Traffic cone bertujuan sebagai pembatas yang memisahkan dua lajur untuk lalu lintas kendaraan dan dua lajur untuk digunakan Parade Defile.

Khusus pada tanggal 20 dan 21 Juli 2019, panitia Lebaran Betawi bekerja sama dengan PT Transjakarta menyediakan 5.000 tiket gratis bagi para pengguna bus Transjakarta. Tiket ini disediakan untuk warga DKI Jakarta yang ingin menuju lokasi Lebaran Betawi di Monas.

"Hal ini diharapan akan memudahkan pengunjung untuk tiba di lokasi acara dengan akses transportasi publik yang nyaman dan bebas biaya," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS