Lagi dan Lagi, 80 Persen Anggota DPR Bolos Paripurna, Titip Tanda Tangan

Pebriansyah Ariefana | Novian Ardiansyah
Lagi dan Lagi, 80 Persen Anggota DPR Bolos Paripurna, Titip Tanda Tangan
Kursi kosong di Rapat Paripurna DPR. (Suara.com/Novian)

Dua hari lalu juga begini, pada bolos.

Suara.com - Sebanyak 80 persen anggota DPR bolos di Rapat Paripurna DPR, Kamis (22/8/2019) hari ini. Raga mereka tak ikut rapat, tapi cuma tandatangani absen saja.

Pantauan Suara.com di Ruang Sidang Paripurna Nusantara II, deretan kursi kosong melompong masih mendominasi ruang rapat. Padahal berdasarkan data yang ada, absensi telah ditandatangani oleh 303 anggota dewan dari total 560.

Namun kenyataan di lapangan, dari pengamatan Suara.com hanya ada sekitar 60 kursi yang ditempati anggota dewan dalam rapat paripurna hari ini. Itu artinya amggota dewan yang hadir cuma berkisar 20 persen dari total mereka yang menandatangi daftar hadir.

Sementara sebanyak 80 persen anggota dewan lainnya cuma mengisi absen lalu meninggalkan ruang rapat.

Rapat ini sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Rapat juga dihadiri oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Diketahui, agenda Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan I Tahun sidang 2019-2020 hari ini ialah pembacaan pandangan umum fraksi-fraksi atas RUU tentang APBN TA 2020 beserta Nota Keuangan.

Dua hari lalu, ratusan kursi kosong pun terlihat dalam rapat paripurna DPR RI masa sidang I di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Berdasarkan hitung manual yang dilakukan sejumlah wartawan di dalam ruang rapat, tercatat pada pukul 11.39 WIB hanya 71 kursi yang diduduki anggota dewan. Jumlah itu terbilang sedikit dari total 560 kursi yang ada. Artinya, sebanyak 489 anggota dewan tak hadir dalam rapat paripurna DPR RI.

Kendati demikian, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon yang memimpin jalannya rapat mengaku bahwa rapat paripurna telah mencapai kuorum. Ada sebanyak 292 anggota dewan yang dikatakan olehnya sudah menandatangani absensi rapat.

"Berdasarkan absensi yang ditandatangani 292 anggota dari total 560 anggota dan dihadiri seluruh fraksi, maka kuorum tercapai," kata Fadli saat membuka rapat, Selasa (20/8/2019) lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS