Jokowi Bakal Undang Tokoh Papua ke Istana Bahas Percepatan Kesejahteraan

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Bakal Undang Tokoh Papua ke Istana Bahas Percepatan Kesejahteraan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Suara.com/Ummi Saleh)

Jokowi mengatakan situasi di Papua sudah berjalan normal setelah adanya permintaan maaf.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang sejumlah tokoh Papua dan Papua Barat ke Istana Kepresidenan. Pertemuan tersebut akan berlangsung pada pekan depan.

Jokowi menjelaskan, dalam pertemuan itu pemerintah akan membahas perihal percepatan kesejahteraan di Papua.

"Minggu depan saya juga akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke istana, bicara masalah percepatan kesejahteraan di tanah Papua," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan terus mengikuti situasi terkini di Papua pasca kerusuhan di sejumlah daerah di Bumi Cendrawasih. Kepala Negara mengklaim situasi di Papua sudah berjalan normal kembali.

"Alhamdulillah situasi sudah berjalan normal kembali, permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai sodara sebangsa dan setanah air," kata dia.

Tak hanya itu, Jokowi juga sudah menginstrukdikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk menindak tegas anggota Polri yang diduga melakukan tindakan diskrimninasi ras dan etnis.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis secara tegas," kata Jokowi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS