Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh BJ Habibie Meninggal Dunia, Ternyata Bohong

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh BJ Habibie Meninggal Dunia, Ternyata Bohong
Kabar Bacharuddin Jusuf atau BJ Habibie meninggal dipastikan hoaks. (19/7/2016) [suara.com/Ismail]

BJ Habibie dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, SBY dan sejumlah tokoh nasional baru saja datang menjenguk.

Suara.com - Jagat media sosial digegerkan dengan kabar meninggalnya Presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf atau BJ Habibie meninggal dunia. Kabar tersebut muncul pada Selasa (10/9/2019) dini hari di Facebook lalu menyebar di jejaring WhatsApp.

Namun kabar meninggalnya BJ Habibie itu ternyata hoaks alias bohong. Kabar itu dibantah oleh Sekretaris Pribadi atau Sespri BJ Habibie, Rubijanto, Selasa (10/9/2019).

Dikutip dari Antara, Selasa pagi, Rubijanto mengungkap kondisi terkini salah satu Bapak Bangsa BJ Habibie.

"Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto saat menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan terkini BJ Habibie.

Kekinian, BJ Habibie memang tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta sejak beberapa hari terakhir.

Kabar BJ Habibie meninggal dipastikan bohong bisa diketahui juga dari informasi yang diterima Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang juga putra Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Ibas, SBY memutuskan batal menghadiri dan membuka acara pembekalan anggota legislatif terpilih dari Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta pada Selasa hari ini. SBY memilih untuk bergegas menjenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto.

"Seyogyanya pertemuan nasional pembekalan anggota legislatif ini dibuka oleh Bapak SBY Ketua Umum Partai Demokrat. Tetapi di pagi hari ini beliau mendapatkan kabar bahwa mantan presiden kita Presiden Habibie saat ini sedang dirawat di rumah sakit di RSPAD dan menurut informasi tersebut keadaannya kritis," kata Ibas, Senin (10/9/2019).

Selain SBY, sejumlah tokoh nasional juga dilaporkan mulai berdatangan menjenguk BJ Habibie di rumah sakit. BJ Habibie diketahui dirawat di Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Jam 09.30 WIB datang pak SBY dan beberapa pejabat lainnya juga datang," kata petugas keamanan RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Roid dilansir Antara.

Selang setengah jam kemudian, tampak Menteri Kesehatan Nila Moeloek turun dari mobil Alphard hitam bernomor plat RI 29.

Namun Menkes memilih menghindar saat akan ditanya para awak media yang berkerumun di pintu masuk Paviliun Kartika.

Menkes langsung menuju ke bagian dalam paviliun tanpa memberikan komentar kepada wartawan.

Selain Nila, juga hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS