Tetangga Ramai-ramai Petik Bunga Duka BJ Habibie

Reza Gunadha | Novian Ardiansyah
Tetangga Ramai-ramai Petik Bunga Duka BJ Habibie
Warga sekitar kediaman pribadi mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta, banyak yang memetik bunga pada karangan bunga duka cita, Kamis (12/9/2019). [Suara.com/Novian Ardiansyah]

"Biasanya dulu sewaktu masih sehat, Pak Habibie sering olahraga di sini kalau saya lewat,"kata Nung.

Suara.com - Warga sekitar kediaman pribadi mendiang Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta, banyak yang memetik bunga pada karangan bunga duka cita, Kamis (12/9/2019). Bagi mereka, bunga itu diambil sebagai kenang-kenangan.

Mak Nung, warga sekitar rumah Habibie, adalah salah satu yang memetik bunga duka cita tersebut. Ia memetik bunga tersebut tak lama setelah jenazah BJ Habibie dibawa menuju ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

Tak cuma Mak Nung, warga dan pelayat lain ikut memetik bubga yang berjejer di sepanjang Jalan Patra Kuning XIII hingga menuju ke depan rumah duka.

"Buat kenang-kenangan dan hiasan saja. Soalnya Pak Habibie orangnya baik," kata Nung.

Nung mengakui acapkali bertemu secara tak sengaja dengan BJ Habibie. Ia mengenang BJ Habibie sebagai pribadi yang ramah.

Namun, kata Nung, semenjak Habibie mulai sakit-sakitan, dirinya sudah jarang bertemu di sekitar kediamannya.

"Biasanya dulu sewaktu masih sehat, Pak Habibie sering olahraga di sini kalau saya lewat. Terus hari Jumat juga biasanya Pak Habibie suka membagi-bagikan sedekah ke warga sekitar," ujar Nung.

Sementara saat berita ini diunggah, prosesi pemakaman almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie tengah berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakata Selatan.

Pantauan Suara.com mulai pukul 10.00 WIB, TMP Kalibata sudah dijaga ketat oleh personil kepolisian. Selain itu Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga turut menjaga kawasan tersebut.

Untuk diketahui, sebanyak 600 personel disiagakan guna mengawal prosesi pemakaman almarhum Presiden ke-3, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata hari ini.

Lokasi makam Habibie berada di sebelah istrinya, Ainun Habibie. Pemakaman militer ini dipimpin Presiden Jokowi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS