Lawan Miras hingga Zina, Pastor di Rusia Kucuri Kota Pakai Air Suci

Reza Gunadha | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Lawan Miras hingga Zina, Pastor di Rusia Kucuri Kota Pakai Air Suci
Pastor di Rusia sirami kota pakai air suci - (YouTube/Rossiya 1)

Sang pastor memberkati seluruh kota itu dengan cara yang tak biasa.

Suara.com - Seorang imam 'membersihkan' seluruh Tver, sebuah kota di Rusia barat, dengan menuangkan 70 liter air suci dari atas udara.

Sambil berkeliling menggunakan pesawat bersayap ganda Soviet, pastor Ortodoks Rusia Alexander Goryachev berupaya melawan alkohol, narkoba, dan zina.

Sebuah video menunjukkan saat Goryachev mengudara dalam Antonov An-2 dan 'dipersenjatai' belasan botol air suci dan relik, termasuk ikon Santo Yohanes Pembaptis.

Seorang asisten juga terlihat menuangkan air yang sudah diberkati ke dalam piala logam besar, sementara sang imam berjanggut mengucapkan doa, lalu menyiramkan air suci itu dari pintu pesawat yang terbuka.

Aksi tersbeut ia lakukan berkali-kali untuk menyelesaikan misinya.

Dikutip dari BBC, Jumat (13/9/2019), Goryachev dan dua pastor lainnya melakukan penerbangan ini pada Hari Kesenangan Seluruh Rusia, yang dirayakan setiap 11 September.

Cara memberkati yang unik itu dilakukan dari ketinggian sekitar 200 hingga 300 meter di atas kota.

Dalam aksinya, Goryachev menggunakan cawan yang dikenal sebagai 'piala yang tak habis-habisnya'. Umat Kristen Ortodoks yakin, cawan itu bisa menyembuhkan mereka yang kecanduan alkoholi dan narkoba.

"Setiap penyakit berasal dari virus, dan virus adalah setan. Karena itu, penyakit apa pun pada dasarnya adalah penyakit rohani," ujar Goryachev.

Namun, banyak yang tidak percaya dengan Goryachev, kemudian mengejeknya.

"Dari mana leluconnya? Bahwa kita sedang berusaha membantu orang menyingkirkan penyakit? Kita ingin menghentikan konsumsi alkohol, narkoba, dan percabulan, apakah ini lucu? Biarkan mereka tertawa, kita akan melanjutkan pekerjaan kita," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS