Tercebur Sumur, Lala Si Kucing Kampung Selamat Ditolong Petugas Damkar

Dwi Bowo Raharjo
Tercebur Sumur, Lala Si Kucing Kampung Selamat Ditolong Petugas Damkar
Petugas Damkar Jakarta Timur mengevakuasi seekor kucing kampung yang tercebur sungai di kawasan Matraman, Senin (16/9/2019). (Damkar Jaktim)

Gatot mengatakan proses evakuasi berlangsung sekitar satu jam sejak laporan diterima.

Suara.com - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Jakarta Timur berhasil menyelamatkan seekor kucing kampung peliharaan warga bernama Lala. Kucing terebut tercebur sumur di Kecamatan Matraman, Senin (16/9/2019) siang.

Pemilik kucing bernama Ari menceritakan awal mula kucing kesayangan sang adik itu tercebur sumur pada pukul 09.00 WIB.

"Sudah setahun lebih kucing ini kami pelihara. Ini kucing kesayangan adik saya. Ibu lagi masak, tiba-tiba mendengar suara ada yang kecebur di sumur. Pas dicek ternyata kucing," katanya seperti diberitakan Antara.

Melihat Lala kecebur sumur sang ibu panik dan tidak berani turun ke dalam sumur untuk menyelamatkan kucing yang diberi nama Lala.

Ia kemudian mengingat kisah viral yang dilakukan petugas pemadam kebakaran untuk menolong masyarakat.

"Saat itu ibu manggil saya. Saya juga bingung bagaimana cara ngambilnya. Untungnya saya inget petugas Damkar yang viral membantu masyarakat. Bahkan bola hilang saja dibantu nyari," katanya.

Usai menemukan nomor kontak Damkar di laman Google, Ari berinisiatif menelpon dan petugas datang sejam kemudian.

Setelah itu, satu jam kemudian petugas damkar tiba di lokasi. Petugas DPKP Jakarta Timur itu kemudian melakukan penyelamatan pada seekor kucing kampung peliharaan warga yang tercebur sumur di Kecamatan Matraman.

"Kami menerima kabar dari pemilik kucing atas nama Ari pada pukul 11.23 WIB," kata Kepala Seksi Operasional DPKP Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, di Jakarta.

Enam personel pemadam kebakaran dikerahkan menuju tempat kejadian di Balai Warga RW02, Jalan Penegak IV RT007 RW02, Pak Meriam, Matraman.

Gatot mengatakan, proses evakuasi berlangsung lebih kurang sejam sejak laporan diterima.

Setelah memastikan kondisi kucing dalam keadaan hidup, seorang petugas turun ke sumur sedalam 17 meter menggunakan tali katrol dengan dilengkapi pakaian dinas pemadam berikut lampu senter yang terpasang di bagian helm.

"Kondisi sumur sangat gelap. Kita sulit mendeteksi posisi kucing yang kecebur. Petugas hanya mengandalkan suara kucing yang kecebur," katanya.

Petugas juga memanfaatkan keranjang plastik hijau yang diikat tali untuk menangkap bagian tubuh kucing.

Proses evakuasi yang disaksikan sejumlah warga setempat berlangsung lancar hingga akhirnya kucing kampung itu diangkat dalam kondisi hidup.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS