Juri Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Puji Penampilan Penari Papua

Fabiola Febrinastri
Juri Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Puji Penampilan Penari Papua
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. (Dok : Kemendikbud)

Penampilan Provinsi Papua menyampaikan pesan tentang toleransi, kebersamaan, dan semangat nasionalisme.

Suara.com - Juri Tari Kreasi dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019, Nungki Kusumastuti, memuji penampilan beberapa provinsi yang dinilainya dalam penampilan. Mereka antara lain berasal dari Bali, Yogyakarta, dan Papua.

"Kita lihat tadi dari Bali. Itu luar biasa menurut saya, karena pas sekali. Saya nggak bilang dia (Bali) juara, belum tentu. Kalau kita lihat Bali tadi rasanya dapat sekali, tapi tetap dinamis. Dinamikanya terlihat antara yang cepat dan lambat," katanya, di Taman Budaya Lampung, Rabu (18/9/2018).

Salah satu penampilan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019. (Dok : Kemendikbud)
Salah satu penampilan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019. (Dok : Kemendikbud)

Provinsi lain yang membuatnya terkesan adalah Papua. Provinsi Papua menampilkan sepasang siswa dan siswi yang menarikan tari kombinasi dari beberapa tarian lokal.

Di akhir pertunjukan, mereka mengeluarkan Bendera Merah Putih dan membentangkannya di atas panggung. Atraksi tersebut langsung mengundang tepuk tangan meriah dari para penonton.

"Papua, nampak sekali mereka ingin menunjukkan bahwa mereka bagian dari Indonesia. Kalau kita lihat garapannya memang tidak secanggih provinsi lain, tapi mereka berupaya mengumpulkan beberapa jenis tarian menjadi satu. Rekaman musiknya juga kurang bersih, mungkin karena wilayahnya jauh. Tapi dalam situasi politik yang saat ini kurang enak, mereka begitu ingin menyampaikan kalau mereka juga bagian dari Indonesia," tutur Nungki.

Menurutnya, penampilan Provinsi Papua menyampaikan pesan tentang toleransi, kebersamaan, dan semangat nasionalisme.

Nungki mengatakan, penanaman karakter memang bisa dilakukan melalui kegiatan seni.

"Untuk menjadi orang yang disiplin, menjadi orang yang memperhatikan orang lain, itu bisa dari kesenian, diantaranya melalui tari," katanya.

Kemudian dari kecerdasan, lanjut Nungki, akan timbul kreativitas, karena kreativitas dan inovasi sangat penting untuk dimiliki generasi bangsa dalam semua lini kehidupan, bukan hanya seni.

Tari Kreasi jenjang SMA dalam FLS2N 2019 mengangkat tema "Menari dalam Kebersamaan". Tema ini diusung untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam berkehidupan di Indonesia.

Pada hari kedua pelaksanaan lomba, juri telah memilih 12 provinsi yang masuk dalam babak final. Ke-12 provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Banten. Lampung, Gorontalo, Papua, Kalimantan Selatan, Bali, Riau, Sumatra Barat, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat.

Pengumuman akan dilakukan bersamaan dengan acara penutupan FLS2N 2019, yakni Jumat (20/9/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS