alexametrics

Kisah Heroik Orang Papua yang Selamatkan Ratusan Perantau saat Rusuh Wamena

Reza Gunadha
Kisah Heroik Orang Papua yang Selamatkan Ratusan Perantau saat Rusuh Wamena
Edison Elepere yang ikut mengungsi di Kabupaten Merauke. [Jubi/Frans L Kobun]

Rumah Edison Elopere sendiri habis terbakar, ketika pulang dari menyelamatkan ratusan warga perantauan di Wamena. Kini, ia juga turut mengungsi.

Suara.com - Edison Elopere, warga Papua yang selama ini tinggal di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, ikut bersama ratusan warga perantau mengungsi di Kabupaten Merauke.

Keputusannya mengungsi, lantaran rumahnya bersama perabot lain, ludes terbakar, pascainsiden yang terjadi di Wamena, beberapa waktu lalu.

Kepada sejumlah wartawan, Selasa (1/10/2019), Edison Elopere mengungkapan ia berasal dari Manokwari, Papua Barat. Hanya, selama ini tinggal di Wamena.

“Bapak saya orang Manokwari, sedangkan mama saya dari Wamena,” ujarnya seperti diberitakan Jubi.co.id.

Baca Juga: 300 Perantau Minang Batal Pulang Kampung, Pilih Bertahan di Wamena

Menurutnya, di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, terdapat banyak orang perantauan, baik dari Makassar maupun Toraja.

“Begitu kejadian berlangsung, kurang lebih 200-an orang datang mencari perlindungan di rumah saya,” katanya.

Sebagai manusia, lanjut Edison, dirinya bersama delapan rekan lain yang juga orang asli Papua, melakukan perlindungan terhadap ratusan warga perantauan.

“Massa sudah datang untuk berusaha melakukan penyerangan. Namun, saya bersama delapan rekan lain memberikan perlindungan kepada ratusan warga perantauan, sehingga niat mereka melakukan tindakan anarkistis, diurungkan,” kata dia.

Setelah satu per satu bergerak pergi, katanya, ia langsung menelepon aparat keamanan untuk datang.

Baca Juga: Maaf Gubernur Papua untuk Perantau Minang Atas Insiden Rusuh di Wamena

“Lalu kami berjalan kurang lebih 500 meter, mengantar ratusan orang perantauan untuk dibawa ke Polres serta Kodim,” ungkapnya.

Komentar