OTT Bupati Lampung Utara, 4 Orang Ikut Diamankan KPK

Iwan Supriyatna | Welly Hidayat
OTT Bupati Lampung Utara, 4 Orang Ikut Diamankan KPK
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat merilis kasus di gedung KPK. (Suara.com/Welly)

Laode menyebut bahwa laporan awal dari masyarakat terkait dugaan adanya penyerahan uang.

Suara.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat negara di Lampung Utara pada Minggu (6/10/2019) malam.

Hal itu dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief. Laode menyebut bahwa laporan awal dari masyarakat terkait dugaan adanya penyerahan uang.

"Malam ini, setelah dilakukan pengecekan info dari masyarakat di lapangan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat," kata Laode dihubungi, Minggu (6/10/2019) malam.

Laode menyebut tim mengamankan sebanyak empat orang, diduga salah satunya Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara.

"KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam ini, yakni Bupati, dua Kepala Dinas dan 1 orang perantara," ujar Laode.

Laode belum dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang dilakukan dari OTT tersebut. Diduga OTT terkait dengan sejumlah proyek di Lampung Utara.

"Barang bukti uang sedang dihitung jumlahnya. Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara," kata Laode.

Kemudian, penyidik dilapangan juga telah menyegel sejumlah tempat yang hingga kini masih dilakukan.

"Untuk pengamanan awal, tim telah menyegal sejumlah benda dan lokasi," kata Laode.

Menurut Laode hingga kini empat orang masih dilakukan pemeriksaan sementara di Lampung Utara, dengan meminjam kantor polisi setempat.

Selanjutnya, mereka pada Senin (7/10/2019), akan dibawa ke Gedung KPK, Jakarta untuk menentukan status mereka, apakah ditetapkan tersangka atau hanya sebagai saksi.

"Dalam waktu paling lama 24 jam akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan. Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok ke Jakarta. Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK besok Senin," tutup Laode.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS