Pembangunan Masjid Apung Ancol Dimulai, JK Sampaikan Tiga Saran

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Pembangunan Masjid Apung Ancol Dimulai, JK Sampaikan Tiga Saran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Jusuf Kalla melakukan ground breaking atau pemancangan tiang masjid apung di pinggir Pantai Ria Ancol, Jakarta Utara. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

JK mengatakan kalau akustiknya jelek, maka 80 persen maknanya masjid hilang nanti.

Suara.com - Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK), turut hadir saat groundbreaking atau pemancangan tiang masjid apung di Pantai Ria Ancol, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2019). Dalam sambutannya JK memberikan tiga saran untuk pembangunan masjid ini.

JK minta masjid ini memiliki akustik atau mutu suara yang baik. Contohnya seperti pengeras suara harus berkualitas bagus.

"Jadi kalau akustiknya jelek, maka 80 persen maknanya (masjid) hilang nanti. Kan sayang sekali. Jadi suara yang bening dan bagus harus diperhatikan," ujar JK di lokasi, Sabtu (9/11/2019).

Kedua, ia minta pemasangan teknologi untuk kelestarian lingkungan. Misalnya penghematan air dengan menggunakan sensor agar saat sedang tidak mengambil air, kerannya mati.

"Karena ini bentuknya futuristik, post-modern bentuknya maka tentu teknologinya harus baik. Misalnya tempat wudunya sudah hemat air, memakai sensor, sehingga kalau usap muka air tidak jalan," jelasnya.

Terakhir, ia ingin masjid yang dibangun menjorok ke laut ini dibangun sesuai dengan konsepnya agar bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia.

Ia menganggap desain masjid yang bagus tidak harus menggambarkan ciri khas timur tengah. Berbagai budaya bisa dianut yang penting substansi sebagai rumah ibadah tidak hilang.

Perlu diketahui, proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking). Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Untuk diketahui, bangunan masjid ini akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an. Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS