LSI Denny JA: Firli Belum Dilantik, Kepercayaan Publik Kepada KPK Turun

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
LSI Denny JA: Firli Belum Dilantik, Kepercayaan Publik Kepada KPK Turun
Ilustrasi Gedung KPK.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby menjabarkan, penurunan ini disebabkan oleh empat faktor.

Suara.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan kepercayaan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurun, meski Firli Bahuri belum dilantik sebagai ketua KPK periode 2019-2023.

Lima pimpinan KPK terpilih Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan, Nurul Ghufron rencananya dilantik pada Desember 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjabarkan, dari hasil temuan survei tersebut menunjukkan, pada awalnya sebelum Pilpres April 2019 tingkat kepercayaan publik 89 persen yang percaya KPK bekerja untuk kepentingan rakyat, sedangkan yang tidak percaya hanya 6,5 persen.

Namun pascapilpres, kepercayaan publik terhadap KPK menurun.

"Pasca pilpres mereka yang percaya cenderung menurun meski masih cukup tinggi yaitu sebesar 85,7 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat jumpa pers di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).

Adjie menjabarkan, penurunan ini disebabkan oleh empat faktor, diantaranya masifnya narasi negatif pada pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019, maraknya kasus korupsi, politik media sosial yang ekstrem, dan pembelahan politik di level akar rumput masyarakat.

Survei ini dilakukan terhadap populasi pemilih nasional menggunakan 1.200 responden di 34 propinsi, dengan metode wawancara langsung.

Margin of error survei ini adalah +/- 2.9 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melengkapi survei ini dengan riset kualitatif dengan metode FGD, indepth interview, dan analisis media.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS