Dimeriahkan Raisa dan Band ERK, Pemprov Gelar Festival Pesona Lokal Jakarta

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Dimeriahkan Raisa dan Band ERK, Pemprov Gelar Festival Pesona Lokal Jakarta
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Dalam acara tersebut bakal ada pertunjukan seperti Parade Karnaval Budaya dan Lomba Tari Lokal Kontemporer.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Festival Pesona Lokal Jakarta. Gelaran ini dianggap sebagai komitmen untuk mendorong dan menggiatkan potensi kearifan lokal.

Festival ini rencananya akan digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Sabtu (16/11/2019) besok. Penyelenggaraan ini merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI dengan CSR Adira Finance dan RCTI dan dikung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Sekda DKI Jakarta Saefullah mengatakan pihaknya akan mendukung penuh acara ini dalam berbagai bentuk. Mulai dari rekayasa lalu lintas, pengerahan petugas Satpol PP, publikasi dari Transjakarta, MRT, hingga LED milik Pemprov DKI Jakarta.

"50 orang petugas kebersihan, 2 buah Mobil Toilet, 2 buah Ambulance dan tim kesehatannya, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, 10 tim karnaval dari SMK/SMA, 5 tim lomba tari kreasi budaya, 10 orang siswa SMK/SMA untuk mengikuti lukis desain, dan Pengrajin Batik Betawi,” ujar Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Dalam acara tersebut bakal ada pertunjukan seperti Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas. Ada juga Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

Beberapa artis ternama ibu kota juga akan memeriahkan acara ini. Di antaranya adalah Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan grup band Efek Rumah Kaca.

Saefullah mengatakan festival ini akan ditutup dengan penganugerahan. Kategori pertama, Penghargaan Kota Paling Mempesona dan kedua, Provinsi Paling Mempesona dari Kemenpar Ekrad dan Adira Finance.

Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance mengatakan acara ini sudah kedua kalinya diadakan. Setelah tahub lalu diadakan di delapan kota, tahun ini rencananya akan digelar di tujuh kota sejak 7 Agustus lalu.

“Puncaknya adalah besok di Gelora Senayan. Di mana Festival Pesona Lokal ini di DKI Jakarta akan merangkum keberagaman budaya dari 6 kota sebelumnya, yaitu Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta,” pungkas Swandajani.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS