Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Akun Instagram Mantan Istri Ustaz Abdul Somad, Benarkah?

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
CEK FAKTA: Heboh Akun Instagram Mantan Istri Ustaz Abdul Somad, Benarkah?
Ustaz Abdul Somad. [Antara]

Muncul akun Instagram @mellya_juniarti01.

Suara.com - Seiring dengan ramainya kabar perceraian penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS), di media sosial muncul sejumlah akun yang mengusung nama Mellya Juniarti. Wanita ini tak lain adalah mantan istri UAS.

Salah satu yang paling menjadi sorotan adalah akun Instagram bernama @mellya_juniarti01 yang memiliki 6.068 followers. Akun tersebut memasang foto profil UAS bersama dengan seorang wanita berhijab dan bocah laki-laki.

Sementara dalam biografi Instagram akun @mellya_juniarti01, dicantumkan nama Mellya Juniarti, penggalan ayat Al-Quran dan keterangan singkat.

"Melly_Juniarti. "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar," (Qs Al Baqarah : 153). Mohon maaf slowrespon. "Allah sedang mengujiku"," demikian isi biografi Instagram tersebut.

Hingga Minggu (12/8/2019), akun @mellya_juniarti01 pun diprivasi.

Lantas benarkah akun @mellya_juniarti01, merupakan akun pribadi mantan istri UAS?

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Suara.com, akun Instagram @mellya_juniarti01 adalah hoaks. Informasi tersebut diperoleh dari penjelesan akun Instagram @mizyanhaziq yang dikelola oleh Mellya Juniati.

Akun Instagram @mellya_juniarti01. (Instagram/@mellya_juniarti01)
Akun Instagram @mellya_juniarti01. (Instagram/@mellya_juniarti01)

Lewat InstaStory yang dibagikan pada Sabtu (7/12/2019), @mizyanhadziq membagikan bidikan layar akun @mellya_juniarti01 berlabel tulisan hoaks.

Selain itu, akun yang bersangkutan memberikan penjelasan jika tidak memiliki akun media sosial lain selain @mizyanhadziq. Sehingga, berita yang tersebar melalui sejumlah akun lainnya baik di Instagram maupun Facebook di luar tanggung jawab @mizyanhadziq.

"IG Saya sudah ada dari 2015 cuma 1 ini..tak ada yang lain dan tak pernah pakai nama saya pribadi. Dan FB yang atas yang atas Ummu Hadziq dari tahun 2018 saya tak pegang lagi, sudah tak bisa saya buka..apapun yang dibilang di sana saya tidak tanggung jawab," demikian narasi yang dibagikan.

Klarifikasi mantan istri UAS. (Instagram/@mizyanhadziq)
Klarifikasi mantan istri UAS. (Instagram/@mizyanhadziq)

Kesimpulan

Akun Instagram @mellya_juniarti01 bukan akun media sosial pribadi mantan istri UAS, Mellya Juniarti. Akun tersebut sengaja dibuat untuk menipu. Dengan demikian, postingan sumber masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS