Jamin Tak Seperti Jakarta, Jokowi: Ibu Kota Baru Tidak Ada Banjir dan Macet

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Jamin Tak Seperti Jakarta, Jokowi: Ibu Kota Baru Tidak Ada Banjir dan Macet
Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Jokowi mengatakan semua energi yang ada di Ibu Kota baru menggunakan energi terbarukan.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin lokasi Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, bakal bebas dari banjir dan kemacetan. Dengan demikian ibu kota tak seperti Jakarta yang kekinian macet dan kerap dilanda banjir.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di acara Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

"Enggak ada banjir, nggak ada macet (di ibu kota baru)," ujar Jokowi.

Bahkan Jokowi menyebut tidak ada ibu kota di seluruh dunia yang seperti Ibu Kota di Penajem Paser Utara. Pasalnya kata Jokowi, semua energi yang ada di Ibu Kota baru terbarukan dari mulai electric vehicle, autonomous vehicle, kendaraan pribadi juga autonomous.

"Itu direfensiasinya ada di situ. Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya elektrik vehicle, autonomous vehicle, kendaraan pribadi juga autonomous, juga elektrik. Banyak orang jalan kaki banyak orang bersepeda," ucap dia.

Namun yang terpenting kata Jokowi, pembangunan ibu kota baru yakni membangun sebuah peradaban baru. Nantinya di sana juga banyak transportasi massal.

"Yang kami bangun adalah sebuah peradaban baru di mana penggunana transportasi massal, sebanyak-banyaknya tetapi memakai elektrik dan autonomous dan kendaraan pribadi elekrtik dan autonomous," ucap dia.

Lebih lanjut, pemindahan ibu kota diharapkan mampu membangun sebuah sistem , pola kerja hingga kultur.

"Tetapi kita pindah ke sana bukan ingin pindah gedung dan lokasi. Terpenting bagaimana kita bangun sebuah sistem, pindah pola kerja, kultur, karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan kalahkan yang lambat," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS