Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Pasangan di Kapal Pesiar Pesan Anggur Pakai Drone?

Reza Gunadha | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Benarkah Pasangan di Kapal Pesiar Pesan Anggur Pakai Drone?
Dikarantina, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone. (facebook.com/Jan Dave Binskin)

Benarkah pasangan asal Australia yang dikarantina di kapal pesiar di perairan di Jepang memesan anggur menggunakan drone?

Suara.com - Beredar berita dan unggahan media sosial yang menyebutkan bahwa sepasang sepasang suami-istri asal Australia yang sedang menjalani karantina virus corona di kapal pesiar di perairan Jepang memesan anggur menggunakan drone.

Pasangan asal Australia itu bernama Jan dan Dave Binskin. Beritanya dimuat dalam beberapa portal media nasional dan internasional.

Seperti di Liputan6.com dengan judul "Dikarantina di Kapal Karena Virus Corona, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone", pada 11 Februari 2020.

Suara.com juga memuat berita dengan klaim yang sama. Yaitu, dalam artikel berjudul "Dikarantina di Tengah Laut, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone" yang dimuat pada Kamis, 13 Februari 2020.

Dikarantina, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone. (facebook.com/Jan Dave Binskin)
Dikarantina, Pasangan Ini Pesan Wine Pakai Drone. (facebook.com/Jan Dave Binskin)

Berikut kutipan beritanya di Suara.com:

"Bosan dengan makanan dan minuman yang disediakan selama karantina, pasangan di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di pantai lepas Yokohama selama 14 hari, pesan wine lewat drone.

Proses karantina di kapal pesiar Diamond Princess masih berjalan hingga kini. Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona yang sudah positif mewabah di 100 penumpangnya

Lewat media sosial, para penumpang yang terjebak ini pun memberikan kabar mengenai kondisi terbaru mereka di kapal. Salah satunya adalah pasangan asal Australia ini.

Terjebak di atas kapal, pasangan yang bernama Jan dan Dave Binskin tersebut punya cara tersendiri untuk mengusir bosan.

"Dikarantina di Diamond Princess di Yokohama, Jepang. Sekarang hari ke-6 dari 14 hari kami terjebak di kabin," tulis pasangan tersebut lewat akun Facebook mereka seperti dikutip dari NY Post."

Portal berita internasional The Daily Mail ikut melaporkan dalam artikel berjudul "Inventive Aussies stuck on coronavirus cruise ship in Japan get their wine club to bring them two cases of booze delivered by DRONE", pada 8 Februari 2020.

Benarkah pasangan asal Australia yang dikarantina di kapal pesiar di perairan di Jepang memesan anggur menggunakan drone?

Penjelasan

Dikutip dari periksafakta.afp.com, Rabu (19/2/2020), klaim yang menyebut bahwa pasangan Australia memesan anggur memakai drone ke kapal pesiar yang dikarantina karena virus corona tersebut salah.

Pasangan dari Australia itu mengatakan pada sebuah stasiun radio Australia bahwa unggahan di media sosial mereka tentang pengiriman anggur menggunakan drone hanyalah “prank”.

Jan Binskin dan Dave Binskin, pasangan tersebut memang menjalani karantina di kapal pesiar Diamond Princess di perairan Jepang.

Penjelasan Cek Fakta, Pasangan pesan anggur pakai drone ke kapal pesiar (Screenshot abc.net.au)
Penjelasan Cek Fakta, Pasangan pesan anggur pakai drone ke kapal pesiar (Screenshot abc.net.au)

Hingga tanggal 19 Februari 2020, setidaknya 542 orang di kapal itu telah positif terinfeksi virus corona baru (COVID-19). Para penumpang telah dikurung di dalam kamar mereka selama 14 hari masa karantina.

Jan dan Dave Binskin mengaku dalam sebuah wawancara yang dimuat di stasiun radio Australia, ABC Radio National, Senin (17/2/2020), Jan Binskin mengatakan kalau cerita tersebut hanyalah "prank" atau candaan.

Pasangan itu memang meminum anggur, tapi anggur yang telah disiapkan di kapal pesiar itu.

“Kami mendapatkannya dari petugas kabin,” kata Jan Binskin di menit ke-11 dalam rekaman wawancara.

Ia awalnya tidak sadar kalau unggahannya di Facebook menjadi viral dan dimuat berbagai portal berita.

“Kami tidak bisa percaya akan hal itu. Karena orang-orang tidak memeriksanya, dan tiba-tiba kami dengar sudah tersebar dalam berita. Informasi itu cuma berasal dari Facebook pribadi kami. Hal tersebut hanyalah prank bernada optimistis dan positif ... ini seperti ‘kena kau!’” ujarnya.

Sebelumnya, pasangan itu mengunggah foto botol anggur dan dua gelas di Facebook pada tanggal 9 Februari 2020.

Dalam unggahan tersebut, Jan dan Dave Binskin memberikan narasi dalam bahasa Inggris:

“Apakah orang-orang masih percaya cerita-cerita dongeng ini? (emoji)".

Kesimpulan

Jadi, informasi yang menyebut bahwa pasangan asal Australia memesan anggur memakai drone ke kapal pesiar yang dikarantina di perairan Jepang adalah tidak benar.

Referensi:

https://www.abc.net.au/radionational/programs/breakfast/australians-on-board-diamond-princess-plead-for-evacuation/11970968

https://periksafakta.afp.com/cerita-pasangan-australia-memesan-anggur-menggunakan-drone-di-tengah-tengah-karantina-virus-corona

https://www.suara.com/lifestyle/2020/02/13/103147/dikarantina-di-tengah-laut-pasangan-ini-pesan-wine-pakai-drone

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS