Bukan Corona, Menkes Sebut Pasien RSUP Kariadi Meninggal karena Virus H1N1

Bangun Santoso | Muhammad Yasir
Bukan Corona, Menkes Sebut Pasien RSUP Kariadi Meninggal karena Virus H1N1
Menteri Kesehatan Terawan. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

"Jadi ini bukan Covid-19, tapi ketemu nya H1N1. Hasilnya di PCR dua kali," kata Terawan

Suara.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan pasien yang sempat diduga terjangkit virus corona Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi, Semarang, Jawa Tengah meninggal dunia karena virus H1N1.

Ia menegaskan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia bukan karena virus Corona.

Menurut terawan berdasar hasil uji Badan Litbang Kesehatan (Balitbangkes) pasien tersebut telah dinyatakan negatif virus Corona. Bahkan, Terawan mengklaim bahwa yang bersangkutan juga telah dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak dua kali.

"Jadi ini bukan Covid-19, tapi ketemu nya H1N1. Hasilnya di PCR dua kali," kata Terawan di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Sebgaimana diketahui, satu pasien yang sempat diduga terjangkit Virus Corona Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi, Semarang, Jawa Tengah meninggal dunia.
Pemerintah pun mengklaim jika pasien tersebut negatif dari virus mematikan tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengklaim telah mengecek langsung ke Rumah Sakit Kariadi. Dia mendapat data pasien tersebut dan dinyatakan negatif Corona.

"Itu memang negatif. Saya sudah kroscek di RS Kariadi, Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur sudah menyampaikan data. Terus saya kroscek ke pusat Litbang untuk penyakit infeksi. Direkturnya langsung. Dan sudah diberi list datanya tentang dia dan negatif," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (26/2/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS