Jokowi Tegaskan Pimpin Penanganan Virus Corona

Pebriansyah Ariefana | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi Tegaskan Pimpin Penanganan Virus Corona
Presiden Joko Widodo (dok BNPB)

Tak perlu satuan petugas (satgas) untuk penanganan dan pengendalian penyebaran virus corona.

Suara.com - Presiden Joko Widodo ata Jokowi mengatakan pemerintah tak perlu membentuk satuan petugas (satgas) untuk penanganan dan pengendalian penyebaran virus corona di Indonesia.

Pasalnya kata Jokowi, pemerintah sudah memiliki organisasi task force untuk penanganan corona. Bahkan dirinya yang memimpin langsung organisasi task force untuk penanganan corona.

"Sejak awal saya sampaikan organisasi task force ini sudah ada dan saya komandani sendiri," jelas Jokowi di Terminal 3 Bandara International Soekarno-Hatta, Tangerang, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Mantan Wali Kota Solo menyebut organisasi task force selalu bergerak cepat dalam mengambil keputusan terkait penanganan virus corona. Hal tersebut sudah dilakukan saat evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Kapal Diamond Princess dan World Dream.

Evakuasi diputuskan dengan sangat cepat yakni di Pulau Natuna dan Pulau Sebaru.

"Saya berikan contoh saat evakuasi di Wuhan hanya dalam dua hari kita putuskan. Kemudian langsung bisa disiapkan tempatnya oleh TNI di Natuna, Disiapkan oleh BNPB. Saya kira kecepatan itu yang ingin saya sampaikan," tutur dia.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan bagian organisasi task force yakni Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BIN, TNI dan Polri.

"BNPB mengkoordinatori tim reaksi cepat. Tim ini dibantu oleh intelijen dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan TNI/Polri," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS