Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Ronaldo Sulap Hotelnya Jadi Rumah Sakit Pasien Corona?

Iwan Supriyatna | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Benarkah Ronaldo Sulap Hotelnya Jadi Rumah Sakit Pasien Corona?
Pestana CR7 Hotel milik Cristiano Ronaldo. (www.pestanacr7.com)

Benarkah pesepakbola Cristiano Ronaldo menjadikan hotelnya untuk rumah sakit pasien corona?

Suara.com - Pesepakbola Cristiano Ronaldo dikabarkan telah menyulap hotel miliknya di Portugal menjadi rumah sakit yang khusus merawat pasien terinfeksi virus corona baru Covid-19. Langkah itu diambil oleh Ronaldo untuk membantu memerangi virus corona.

Kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh media lokal Spanyol Marca. Banyak media internasional yang mengutip berita tersebut.

Lantas, benarkah Ronaldo telah mengubah hotel miliknya untuk dijadikan rumah sakit 'dadakan' bagi pasien corona?

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (17/3/2020), ternyata kabar tersebut tidak benar atau hoaks. Ronaldo tidak mengubah hotel miliknya menjadi rumah sakit khusus pasien corona.

Salah seorang reporter stasiun televisi lokal Portugal, ITV, Filipe Caetano membantah kabar tersebut melalui akun Twitter miliknya. Ia menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Berita palsu lainnya, ini tidak benar. Tetapi mengapa jurnalis tidak melakukan pekerjaan seperti yang telah mereka pelajari (melakukan konfirmasi, apa yang perlu dilakukan) dan hanya mengikuti apa yang muncul di sumber tak terpercaya?" ujarnya.

Cek fakta: Ronaldo sulap hotelnya jadi rumah sakit corona? (turnbackhoax.id)
Cek fakta: Ronaldo sulap hotelnya jadi rumah sakit corona? (turnbackhoax.id)

Tak lama berselang, Marca menghapus cuitannya yang melaporkan hotel milik Ronaldo diubah menjadi rumah sakit pasien corona.

Kabar tersebut juga telah dibantah oleh staf hotel yang tak disebutkan namanya. Ia menegaskan hotel milik Ronaldo itu tetap berjalan seperti biasa sebagai sebuah hotel, bukan rumah sakit.

"Kami adalah sebuah hotel. Kami tidak akan menjadi rumah sakit. Hari ini biasanya seperti yang lain, kami adalah dan tetap akan menjadi hotel," kata staff hotel kepada RTL Nieuw, dilansir dari Goal.

Cek fakta: Ronaldo sulap hotelnya jadi rumah sakit corona? (turnbackhoax.id)
Cek fakta: Ronaldo sulap hotelnya jadi rumah sakit corona? (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Kabar yang menyebutkan bahwa Ronaldo mengubah hotel miliknya menjadi rumah sakit khusus merawat pasien corona tidak benar atau hoaks. Hotel milik Ronaldo masih difungsikan sebagai sebuah hotel, bukan rumah sakit.

Konten tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS