Jakarta Dikepung Corona, Pemakaman Ikut Disemprot Disinfektan

Agung Sandy Lesmana
Jakarta Dikepung Corona, Pemakaman Ikut Disemprot Disinfektan
Petugas membersihkan fasilitas di lokasi tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Jakarta Pusat. (ANTARA/ Livia Kristianti)

"Jam operasional masih sama, jam 07.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Peziarah juga kami batasi untuk bisa masuk," ujar Mila.

Suara.com - Sebanyak 286 petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat membersihkan berbagai fasilitas di empat Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di wilayah administasi Jakarta Pusat termasuk menyemprot cairan disinfektan guna mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19.

"Petugas terdiri dari operasi pelayanan, pemakaman, pemeliharaan, gali tutup, pamdal, sopir, dan sapras. Sudah sejak kemarin melakukan aksi pencucian fasilitas yang ada di TPU dan disemprotkan cairan disinfektan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda saat dihubungi, Jumat (20/3/2020).

Empat TPU yang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan adalah TPU Karet Bivak, TPU Petamburan, TPU Kawi - Kawi, dan TPU Pasar Baru Barat.

Para petugas yang tergabung dalam operasi bersih- bersih TPU ini diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan dan masker untuk kegiatan pembersihan itu.

Tidak hanya penyemprotan disinfektan, para petugas juga menyikat lantai dan bangku untuk tempat tunggu pengunjung di TPU- TPU menggunakan karbol.

Selain pembersihan fasilitas untuk mencegah potensi penyebaran virus asal Wuhan itu, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat melakukan pembatasan kunjungan peziarah dan mengimbau "social distancing" bagi peziarah yang datang ke TPU- TPU.

"Jam operasional masih sama, jam 07.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Peziarah juga kami batasi untuk bisa masuk," ujar Mila.

Hingga saat ini tercatat beberapa tempat yang sering dikunjungi banyak orang ditutup dan dihentikan operasionalnya untuk sementara waktu seperti tempat- tempat dan kegiatan 'Car Free Day' untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, hingga Kamis (19/3) sore pukul 18.00 WIB tercatat sebanyak 211 orang diketahui positif COVID-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS