Sudjiatmi Ibunda Jokowi Meninggal: dari Tukang Jahit ke Bisnis Kayu

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Sudjiatmi Ibunda Jokowi Meninggal: dari Tukang Jahit ke Bisnis Kayu
Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, Selasa (14/7/2015). [Labib Zamani/Suara.com]

Ia juga merupakan ahli kayu yang piawai membedakan beragam jenis dan tekstur.

Suara.com - Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo tutup usia pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Kabar tersebut seketika meninggalkan duka cita mendalam bagi Tanah Air.

Semasa hidup, mendiang dikenal sebagai sosok sederhana dan pekerja keras. Ia juga merupakan ahli kayu yang piawai membedakan beragam jenis dan tekstur.

Hal ini tak lepas dari latar belakang keluarga Sujiatmi. Perempuan kelahiran Solo, 15 Februari 1943 tersebut merupakan anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, pedagang kayu asal Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Ia kemudian menikah dengan Notomiharjo pada 23 Agustus 1959 dan menggeluti bisnis kayu di daerah Cinderejo, Solo. Namun sebelum itu Sujiatmi diketahui sempat menjadi tukang jahit meski tak belangsung lama.

Dikutip dari Solopos.com -- jaringan Suara.com, pasangan Sujiatmi dan Notomiharjo kemudian membangun bengkel kayu di sekitar tempat tinggal mereka pada 1962. Saat itu, keduanya masih menggunakan mesin manual untuk memotong kayu.

Usaha mereka stabil meski dihadapkan dengan banyak pesaing yang menggeluti bidang sama. Bahkan, bisnis Sujiatmi dan Notomiharjo tetap berjalan lancar ketika tragedi Solo pada 1965, di mana saat itu situasi kacau balau.

Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo. (Antara)
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo. (Antara)

Meski terbilang sukses, bisnis kayu mereka juga sempat berpindah tempat beberapa kali akibat proyek pembagunana. Bisnis yang semula dijalankan di Cinderejo kemudian dipindahkan ke Jalan Ahmad Yani No.331 karena penggusuran.

Semenjak saat itu, Sujiatmi dan Notomiharjo dikenal sebagai pebisnis kayu sukses dan mewariskan kesuksesan tersebut kepada Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Ibunda Jokowi meninggal dunia pada pukul 16.45 WIB. Presiden Jokowi saat ini juga sudah tiba di Solo pukul 17.52 WIB.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB. Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian," tulis keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (25/3/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral. Donny mengatakan Jokowi langsung terbang ke Solo setelah mendapat kabar wafatnya ibunda.

"Presiden sudah berangkat ke Solo. Nanti dokter akan konferensi pers di Solo untuk lebih jelasnya," kata Donny.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS