Yusuf Mansur: Ibunda Jokowi Zikir 100 Al Ikhlas Tiap Malam untuk Anaknya

Rendy Adrikni Sadikin
Yusuf Mansur: Ibunda Jokowi Zikir 100 Al Ikhlas Tiap Malam untuk Anaknya
Sudjiatmi Notomihardjo dan Ustaz Yusuf Mansur. (Instagram)

Pendakwah kondang Ustaz Yusuf Mansur membeberkan amalan yang berkesan dari sosok almarhumah ini.

Suara.com - Sudjiatmi Notomihardjo, Ibunda Presiden Jokowi meninggal, Rabu (25/3/2020). Pendakwah kondang Ustaz Yusuf Mansur memiliki kesan mendalam dari sosok almarhumah ini.

Melalui akun jejaring sosial Instagram miliknya, @yusufmansurnews, Yusuf Mansur membeberkan amalan Sudjiatmi Notomihardjo atau yang karib disapa Eyang Noto semasa hidup.

Menurut Yusuf Mansur, Sudjiatmi sering mengingatkan dirinya untuk memperbanyak puasa, jaga makanan dan olahraga. Pun demikian, kata dia, Jokowi pernah bilang kepadanya bahwa sang ibunda sering puasa dan olahraga.

"Usia 77 Eyang sangat terlihat muda. Bahkan Eyang sering ngingetin saya, banyak puasa, jaga makan, dan olahraga. Pak @Jokowi pernah bilang ke saya juga. Kayak Eyang tuh. Puasa, dan olahraga," tulis Yusuf Mansur seperti dikutip Suara.com dari akun Instagram miliknya.

Selain itu, tulis Yusuf Mansur, Sudjiatmi juga tidak luput menunaikan ibadah salat malam saban harinya. Kata Yusuf Mansur, almarhumah juga menjalani salat subuh berjamaah di masjid selama 20 tahun terakhir.

"Salat malamnya juga tiap malam. Tapi waktu saya bilang yang gini-gini dianggep bohong. Dua puluhan tahun, beliau salat berjamaah shubuh, dari cerita-cerita beliau, dan diaminin Pak Parmin, tetangga beliau, yang jadi salah satu Pimpinan DQ Solo," tulis Yusuf Mansur.

Kata Yusuf Mansur, sejak Jokowi masih muda, Sudjiatmi memiliki ritual membacakan anaknya itu surat Al Ikhlas sebanyak 100 kali setiap malam. Hingga Jokowi menjadi presiden, almarhumah tak pernah setop membacakan surat itu.

"Beliau pun sejak zaman Pak Jokowi muda, bacain 100 Qulhu tiap malam. Sampai Pak Jokowi jadi Presiden, nggak berenti bacain. Ini pun saya dianggep ngada-ngada. Padahal waktu cerita-cerita itu, saya liat ketulusan. Lagi bicara gimana amalannya dari seorang ibu? Sampai anak-anaknya sukses-sukses. Ya di antaranya itu," tulis Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur menuliskan, Sudjiatmi selalu mengingatkan dirinya untuk sering mendoakan anak. Ketika ditanya adakah zikir khusus dari Sudjiatmi, dia hanya bilang Al Fatihah dan Al Ikhlas.

"Eyang sendiri ngingetin saya. Untuk sering-sering doain anak. Dan ada amalan atau zikir khusus. 'Eyang cuma bisa Al Fatihah dan Qulhu, ya itu aja yang Eyang bacain banyak-banyak. Sehari semalam, 100 kali," tulis Yusuf Mansur.

Ketika mencoba amalan itu, Yusuf Mansur mengaku hanya kuat selama empat hari. "Saya sama istri pernah nyoba baca. Hanya kuat 4 hari. Abis itu lupa, sibuk, lalai," tulis Yusuf Mansur.

"Selamat jalan Eyang... Kami mendoakan Eyang..." tutup Yusuf Mansur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS