Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Cuitan KPK soal DPR Dites Corona Hasilnya Positif Korupsi?

Rendy Adrikni Sadikin
CEK FAKTA: Cuitan KPK soal DPR Dites Corona Hasilnya Positif Korupsi?
[Suara.com/Ema Rohimah]

Kicauan tersebut bertuliskan 'Anggota DPR dites Corona malah positif korupsi anjing.

Suara.com - Sebuah akun bernama Fake Tweets @suasuasudotkom di jejaring sosial Facebook mengunggah gambar seolah cuitan akun Twitter resmi milik Komisi Pemberantasan Korupsi, @KPK_RI.

Seperti dikutip dari akun jejaring sosial Instagram MAFINDO, @turnbackhoakxid, kicauan tersebut bertuliskan 'Anggota DPR dites Corona malah positif korupsi anjing.”

Hoaks anggota DPR dites corona hasilnya korupsi.[MAFINDO]
Hoaks anggota DPR dites corona hasilnya korupsi.[MAFINDO]

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim seolah adalah tweet dari akun Twitter resmi milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah. Gambar yang memuat tweet itu adalah hasil suntingan atau editan. Tweet yang tertulis juga jelas adalah tweet palsu.

KPK memastikan postingan tersebut hoaks. Hal ini disampaikan langsung melalui akun Twitter milik KPK, @KPK_RI.

“[KLARIFIKASI] Sehubungan dengan beredarnya gambar cuitan dari akun @KPK_RI, kami tegaskan bahwa gambar cuitan tersebut HOAX,” tulis KPK di akun resminya.

Hoaks anggota DPR dites corona hasilnya korupsi.[MAFINDO]
Hoaks anggota DPR dites corona hasilnya korupsi.[MAFINDO]

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri juga menegaskan jika unggahan atas nama KPK yang menyebutkan anggota DPR dites Corona malah positif korupsi adalah hoaks.

“Kami pastikan gambar yang beredar itu hoax,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (25/3/2020).

Kesimpulan

Kicauan seolah milik KPK tentang tes corona untuk anggota DPR tersebut adalah hoaks dengan kategori konten palsu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS