Eks Menag Bilang Agama Glenn Fredly adalah Kemanusiaan, Tuai Perdebatan

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Eks Menag Bilang Agama Glenn Fredly adalah Kemanusiaan, Tuai Perdebatan
Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin usai diperiksa di Gedung KPK pada Jumat (15/11/2019). [Suara.com/Welly Hidayat]

"Saya bersyukut bahwa banyak yang sepaham dengan pernyataan saya ini. Adapun terhadap yang rak dan belum sepaham, ya syukuri juga sajaaa..(emoji tersenyum)," balas Lukman.

Suara.com - Pernyataan Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika ibadah pelepasan dan pemakaman musisi Glenn Fredly menuai perbincangan di media sosial.

Pasalanya, dalam kesempatan itu Lukman disebut-sebut mengeluarkan pernyataan 'agama Glenn Fredly adalah kemanusiaan'.

Hal itu diungkap oleh pengamat industri musik @AdibHidayat melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @AdibHidayat, Kamis (9/4/2020).

"'Agama @GlennFredly adalah kemanusiaan,' kata Pak @lukmansaifuddin memberikan sambutan di ibadah penglepasan dan pemakaman Glemm Fredly siang ini," cuit Adib seperti dikutip Suara.com, Jumat (10/4/2020).

Sambutan eks Menag tersebut memancing reaksi warga Twitter yang terbelah menjadi dua kubu. Sebagian warganet merasa janggal dengan pernyataan tersebut.

Seperti akun @a_sagran yang mengatakan, "Se tahu saya di Indonesia ada agama resmi 6 agama. tidak ada Agama Kemanusiaan. Apakah Sudah ada tambahan Agama baru lagi Yang bernama Kemanusiaan???".

Cuitan Adib Hidayat soal sambutan Lukman H Saifuddin dalam ibadah pemakaman Glenn Fredly. (Twitter/@AdibHidayat)
Cuitan Adib Hidayat soal sambutan Lukman H Saifuddin dalam ibadah pemakaman Glenn Fredly. (Twitter/@AdibHidayat)

Begitu pula dengan @mat-nurudin yang berkata, "Ntar saya tanya ustaz di kampung saya aja. Ada ga agama kemanisiaan Pak".

Meski begitu, tak sedikit dari warganet yang membela pernyataan Lukman dan menganggap tak perlu dipersoalkan.

"Anggap aja ucapan pak @lukmansaifuddin itu adalah sebuah gaya bahasa alegori dalam berpidato. Makna yang ingin beliau sampaikan pun masih tetap bisa dipahami secara utuh. Wajar," kata @bsekutrem.

Begitu pula dengan @MohammadMuslich yang menuliskan, "Keren, idkholus surur, abaikan yang sewot dan nyinyir dengan istilah agama kemanusiaan".

Memahami pernyataannya menjadi perbincangan, Lukman H Saifuddin pun membalas cuitan yang dibagikan Adib Hidayat. Ia bersyukur melihat respons warganet.

"Saya bersyukut bahwa banyak yang sepaham dengan pernyataan saya ini. Adapun terhadap yang rak dan belum sepaham, ya syukuri juga sajaaa..(emoji tersenyum)," balas @lukmansaifuddin.

Lukman H Saifuddin membalas cuitan Adib Hidayat. (Twitter/@lukmansaifuddin)
Lukman H Saifuddin membalas cuitan Adib Hidayat. (Twitter/@lukmansaifuddin)

Untuk diketahui, musisi Glenn Fredly meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/4) sekitar pukul 18.00 WIB karena meningitis.

Glenn Fredly meninggalkan seorang istri yang juga artis bernama Mutia Ayu dan seorang bayi yang baru saja berusia 40 hari.

Selepas prosesi penghormatan terakhir, mendiang Glenn Fredly dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Kamis (9/4).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS