Ini Daftar Barang Bantuan PSBB DKI, Ada Surat dari Anies untuk Warga

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Ini Daftar Barang Bantuan PSBB DKI, Ada Surat dari Anies untuk Warga
Surat dari Gubernur Anies Baswedan yang berada di dalam paket bansos Pemprov DKI Jakarta. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Pemberian surat ini juga pernah dilakukan Anies untuk para tenaga medis yang diinapkan di hotel.

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan distribusi bantuan sosial (bansos) saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hari ini, Jumat (10/4/2020) merupakan hari kedua penyaluran bantuan.

Pada hari kedua ini, dua kelurahan di wilayah Jakarta Timur menerima bansos, yakni Kelurahan Jatinegara dan Cililitan.

Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Catur Laswanto mengatakan, ada tujuh jenis barang yang didistribusikan kepada masyarakat. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang tergolong miskin dan rentan miskin.

"Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok; beras 5 kilogram 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 pieces dan sabun mandi 2 batang," ujar Catur kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Tak ketinggalan, dalam paket bantuan itu, diselipkan juga sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemberian surat ini juga pernah dilakukan Anies untuk para tenaga medis yang diinapkan di hotel.

"Dan surat dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Catur menyatakan, paket disiapkan oleh Perumda Pasar Jaya dengan pengemasan yang rapat untuk menjaga agar barang tetap higienis. Penyalurannya juga diantarkan langsung ke rumah warga agar tidak ada kerumumunan.

"Sehingga, tidak ada warga yang berkumpul untuk mengambil bantuan, agar meminimalisir potensi penularan Covid-19,"katanya.

Paket bansos berisi bahan pokok untuk wargaa DKI Jakarta yang disalurkan Pemprov. [Suara.com/Fakhri Fuadi]
Paket bansos berisi bahan pokok untuk wargaa DKI Jakarta yang disalurkan Pemprov. [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mulai pernyaluran bansos jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak kemarin, Kamis (10/4/2020). Kelurahan Penjaringan di Jakarta Utara menjadi lokasi pertama penerima bansos dan mulai hari ini Kelurahan lainnya akan mendapatkan bantuan.

Dari akun instagram @dkijakarta, bantuan disalurkan hingga 18 April 2020 kepada 1,2 juta Kepala Keluarga (KK). Bantuan dibagikan secara bertahap dan dibagikan langsung ke rumah masing-masing.

"Penyaluran bantuan dilakukan dengan pengantaran langsung ke rumah tangga sasaran agar masyarakat tetap berkegiatan di rumah," tulis akun itu yang dikutip Suara.com, Jumat (10/4/2020).

Akun ini juga mengatakan bantuan yang diterima berupa paket khusus bahan makanan, masker kain, dan sabun.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Irmansyah mengatakan penerima Bansos ini merupakan masyarakat kalangan miskin dan rentan miskin yang terdampak virus corona atau Covid-19. Ia menyebut pembagian Bansos terbagi menjadi dua tahap.

Ia menjelaskan, pada tahap pertama, Bansos akan diberikan kepada 1,2 juta warga itu. Distribusinya dimulai pada 9-18 April dari Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara ke wilayah lainnya.

"Tahap pertama dilakukan mulai 9 - 18 April 2020 dengan target penerima 1,2 juta Kepala Keluarga (KK) masyarakat kurang mampu dan rentan, yang terdampak Covid-19," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS